TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Upaya Dini Ngider Sehat Puskesmas Ciputat Cegah DBD

Oleh: mg2
Jumat, 22 Maret 2024 | 07:15 WIB
Petugas Ngider Sehat Puskesmas Kecamatan Ciputat deteksi DBD.(mg2)
Petugas Ngider Sehat Puskesmas Kecamatan Ciputat deteksi DBD.(mg2)

CIPUTAT-Petugas Ngider Sehat Puskesmas Ciputat menyoroti perluasan upaya pencegahan dan penanggulangan terkait kenaikan angka Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kelurahan Ciputat.

Menurut data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan setempat, kasus DBD di Ciputat telah meningkat tajam sejak awal tahun ini. Faktor-faktor seperti cuaca yang panas dan musim hujan yang tidak menentu menjadi penyebab utama peningkatan tersebut. Hal ini menimbulkan kekhawatiran serius bagi masyarakat dan pihak berwenang di wilayah tersebut.

“Di Tangsel sih sudah banyak, tiga ratusan orang kena DBD. kalau di Ciputat sendiri yang ditemui baru puluhan. Upaya dini melakukan pengecekan dan pencegahan ke rumah warga,” kata Tisna, Tenaga Kesehatan Puskesmas Ciputat.

Ia menyatakan, bahwa langkah-langkah pencegahan telah ditingkatkan untuk mengatasi situasi ini. “Kami telah meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi tempat persembunyian nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus DBD,” tambahnya.

Selain itu, pihak Puskesmas juga mendorong masyarakat untuk lebih waspada terhadap gejala DBD dan segera mencari perawatan medis jika diperlukan. “Kami mengajak masyarakat untuk segera menghubungi Puskesmas jika mengalami demam tinggi yang tidak kunjung reda, sakit kepala parah, atau gejala lain yang mencurigakan,” ujarnya.

Meskipun demikian, tantangan besar masih dihadapi dalam mengendalikan penyebaran DBD di Ciputat yakni, kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan.

Oleh karena itu, edukasi dan advokasi terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengubah perilaku dan pola pikir masyarakat terkait kesehatan lingkungan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo