TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lima Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tangerang, Cocok untuk Hadiah Lebaran

Oleh: Mg.Nabil
Selasa, 02 April 2024 | 18:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Tangerang Raya mempunyai oleh-oleh khas yang nikmat dan cocok untuk diberikan kepada keluarga saat Lebaran.

Berbagai macam jenis dengan keotentikannya masing-masing menjadi daya tarik sendiri, mulai dari kue, dodol, bolu, dan masih banyak lainnya.

Berikut lima rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang versi Tangselpos.id.

1. Cucur
Kue cucur biasanya berwarna coklat keemasan dan berbentuk bundar pipih. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam, dengan rasa manis yang khas dari gula merah.

Kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah ini, biasanya sebagai makanan penutup atau camilan yang untuk cocok dimakan bersama teh atau kopi.

2. Kue apem
Kue apem adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan, dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Kue ini berbentuk bundar dan pipih dengan permukaan yang berongga dan berbintik.

Kue apem memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, dengan bagian tengah yang lebih empuk dibandingkan bagian pinggir. Warna kue apem biasanya putih atau krem, tergantung pada jenis tepung beras yang digunakan.

3. Dodol Ny. Lauw
Dodol Ny. Lauw adalah dodol khas Betawi yang terkenal dengan kelezatannya. Dodol ini dibuat dengan bahan-bahan pilihan, seperti tepung beras ketan, santan, gula merah, dan gula pasir. Dodol Ny. Lauw memiliki tekstur yang lembut dan lengket, dengan rasa manis yang pas dan aroma pandan yang harum.

Dodol ini masih dibuat dengan cara tradisional, menggunakan tungku kayu bakar dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya tahan lama selama beberapa minggu. Varian rasa yang tersedia antara lain original, durian, dan wijen.

4. Kue gipang
Kue gipang adalah kue tradisional khas Banten yang terbuat dari beras ketan dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis yang khas.

Gipang biasanya dibentuk menjadi persegi panjang atau bulat pipih. Warnanya coklat keemasan, berasal dari gula merah yang digunakan dalam adonan.

Kue gipang biasanya dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Kue ini dapat dinikmati bersama teh atau kopi.

5. Bolu Tape Benteng
Bolu Tape Benteng adalah kue bolu khas Tangerang yang terbuat dari tape singkong, tepung terigu, gula, telur, dan santan. Bolu ini memiliki tekstur yang lembut dan lembab dengan rasa manis yang khas dari tape singkong.

Bolu ini biasanya dibuat dalam bentuk bundar atau persegi panjang dengan warna coklat keemasan, berasal dari gula merah yang digunakan dalam adonan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo