TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Potensi Zakat Rp 56 Miliar

Baznas Target Distribusikan Rp 5 M

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 05 April 2024 | 07:27 WIB
Wakil Ketua II Baznas Tangsel, Ahmad Rifai.
Wakil Ketua II Baznas Tangsel, Ahmad Rifai.

CIPUTAT-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan pendistribusian zakat fitrah pada Ramadan 1445 Hijriah sebesar Rp 5 miliar.

Wakil Ketua II Baznas Kota Tangsel, Ahmad Rifai mengatakan, zakat yang akan didistribusikan tersebut merupakan hasil pengumpulan yang dilakukan oleh Baznas Tangsel selama bulan Ramadan ini.

Menurut Ahmad Rifa'i, target itu terbilang realistis untuk bisa dicapai oleh Baznas Tangsel. Pasalnya, berdasarkan penghitungannya potensi zakat yang ada di Kota Tangsel mencapai Rp 56 miliar.

“Tapi artinya kalau itu dihitung, maka perkiraan kita potensinya ada di angka Rp 56 miliar,” ungkapnya.

Rifai menyebut pada 2023, zakat yang disalurkan melalui Baznas Tangsel mencapai Rp 110 juta. Namun jika diakumulasi dengan laporan yang masuk ke pihaknya dari sebagian Musala dan Masjid yang ada di Kota Tangsel, zakat yang tersalurkan mencapai Rp 29 miliar. “Itu secara akumulasi. Itu dari sekitar 650 masjid yang ada di Kota Tangsel,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Baznas Tangsel sendiri menyediakan beberapa media untuk masyarakat yang ingin menyalurkan zakat, di antaranya yaitu kupon zakat dan Qris.

Untuk layanan Qris, barcode penyaluran bisa ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan dan pusat kegiatan yang tersebar di beberapa wilayah.

“Yang dari Qris saja sudah sampai Rp 800 juta. Qris yang kita sebar ada di Teras Kota, Plaza Bintaro, dan lainnya,” katanya.

Di sisi lain, Baznas Kota Tangsel juga mengupayakan penerimaan pembayaran zakat dari beberapa sektor pendidikan.

“Kita coba untuk menelusur ke SMP-SMP yang jumlahnya sekitar 120-an, lalu SD yang jumlahnya sekitar dua kali lipat dari pada itu,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, zakat yang berhasil dikumpulkan, nantinya akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang berhak mendapatkan zakat.

“Kita akan mengumpulkan dulu jumlah uang yang kita dapatkan berapa, biasanya kita distribusikan ke 7 kecamatan,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo