TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Sedang Melatih Prabowo

Laporan: AY
Minggu, 07 April 2024 | 09:23 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA -  Presiden Jokowi memberikan tempat istimewa kepada Prabowo Subianto selaku presiden terpilih di Pilpres 2024. Dalam rapat-rapat Kabinet, Prabowo kini sudah dipersilakan duduk di samping Jokowi. Tak cuma itu, Prabowo juga sudah diajak dalam rapat-rapat yang membahas soal APBN. Prabowo seperti sedang "dilatih" Jokowi untuk menjadi calon penggantinya. 
Setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh KPU pada 20 Maret lalu, posisi Prabowo di kabinet sudah istimewa. Bahkan, untuk posisi duduk saat rapat kabinet, Prabowo sudah tak lagi berhadap-hadapan dengan Presiden, tapi  bersebelahan.
Pemandangan itu terlihat misalnya, saat Jokowi menggelar acara buka puasa bersama di Istana Jakarta, 28 Maret lalu. Dalam acara itu, Jokowi sudah duduk satu meja dengan Prabowo bersama wapres dan para Menko. 
Prabowo duduk di samping kiri Jokowi. Sementara samping kanan Jokowi duduk Wapres KH Maruf Amin dan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto. 
Di momen lain, Jokowi diketahui sedang memberikan arahan kepada Prabowo secara khusus. Hal itu terlihat dari foto yang diunggah Prabowo di akun Instagram miliknya, Jumat (5/4/2024). 
Eks Danjen Kopassus itu mengunggah foto saat berdua dengan Presiden Jokowi di Istana. Dalam foto tersebut, Prabowo dan Jokowi duduk dalam satu meja, saling berhadapan. 

Jokowi terlihat berbicara seperti memberi arahan dengan tangan kanan mengangkat. Sementara Prabowo duduk menyimak dengan seksama. Di atas meja di depan Jokowi, berjejer rapi empat dokumen yang masih terbuka menunggu diteken. 

Sehari kemudian, Sabtu (6/4/2024), Prabowo kembali mengunggah foto saat bersama Jokowi. Kali ini, foto yang diunggah Prabowo saat mengikuti ratas soal anggaran. 
Ada tiga foto yang diunggah Prabowo di akun Instagram miliknya, @prabowo. Dalam foto itu, tampak Jokowi sedang memimpin rapat bersama para mentari di Istana Negara. Jokowi duduk di tengah. Di samping kanannya duduk Prabowo Subianto, lalu Mensesneg Pratikno. Di samping kiri Jokowi duduk Seskab Pramono Anung. 
Di hadapan Jokowi duduk secara berurutan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. 

Rapat terbatas bersama Bapak Presiden RI @jokowi," tulis Prabowo memberikan keterangan foto tersebut. 
Dalam foto selanjutnya terlihat dari layar monitor, rapat sedang membahas Arah Kebijakan Makro Fiskal dan Pagu Indikatif Tahun 2025. 

Ratas tersebut digelar pada Jumat sore setelah Airlangga dan Sri Mulyani memberi keterangan di Mahkamah Konstitusi (MK). 
Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, foto tersebut menunjukkan bahwa hubungan Prabowo dengan Pak Jokowi semakin kompak. 

"Pak Prabowo terus memastikan tugas-tugas beliau sebagai Menhan terlaksanakan dengan baik, sambil memastikan keberlanjutan pemerintahan nantinya," kata Dahnil, kepada Redaksi, Jumat. 
Direktur Eksekutif Trias Politika, Agung Baskoro menilai, ada beberapa pesan yang ingin disampaikan Prabowo dalam unggahan foto di Instagram miliknya. Pertama kata dia, secara internal terlihat Prabowo mulai belajar menjadi presiden. 
"Pak Jokowi tengah mempersiapkan Prabowo sebagai presiden terpilih agar cakap saat memimpin nanti," kata Agung, kepada Redaksi, Sabtu (5/4/2024). 
Selain itu, kata dia,  secara eksternal Prabowo ingin mengirimkan pesan kepada publik bahwa relasi antara Presiden Jokowi- Presiden terpilih baik-baik saja. 

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menyampaikan hal yang sama. Foto itu menunjukkan Jokowi dan Prabowo berada dalam satu frekuensi dan satu hati. 
"Keduanya saling dukung, saling back-up  satu sama lain. Dalam politik jangka pendek menengah, dan panjang hari ini bahwa Prabowo memang mendapat dukungan penuh dari Jokowi untuk memimpin," kara Ujang, kepada Redaksi.
Selain itu, kata Ujang, Jokowi sudah sangat jelas mempersiapkan Prabowo sebagai presiden. "Saya melihat keduanya saling dukung saru sama lain," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo