TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pesta Rakyat & UMKM Dimulai, Pilar Harapkan Daya Beli Masyarakat Tangsel Meningkat

Oleh: mg-1
Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

SERPONG, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saha Ichsan menghadiri acara Pesta Rakyat dan UMKM yang diselenggarakan oleh Witel Tangerang di Graha Telkom, Jumat (12/08/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pilar menyoroti indeks laju pertumbuhan ekonomi di Tangerang Selatan yang sempat mengalami penurunan di tahun 2020. Pada tahun 2022 ini, pemerintah menggenjot laju perekonomian dengan memberdayakan ekonomi keluarga dengan bisnis UMKM.

“Di tahun 2020, tercatat laju pertumbuhan ekonomi kita minus di 1 persen, padahal di 2019 laju pertumbuhan ekonomi Tangsel mencapai 7 persen, di atas rata-rata nasional, di 2021 laju pertumbuhan kita di angka 4 persen, artinya bahwa di Tangsel ini percepatan pertumbuhan ekonominya sangat cepat,” ungkapnya. 

Daya saing bisnis masyarakat Tangsel pun dinilai cukup kuat. Bahkan, indeks pembangunan masyarakat Tangsel di atas rata-rata nasional dan provinsi banten. 

“Kalau di daerah lain pada saat Covid-19 terdampak karena kondisi yang mungkin pabrik tutup, kantor tutup, dan lain sebagainya, tapi di Tangsel ternyata masyarakat yang cerdas ini mereka punya jalan keluar menjadi pelaku UMKM,” katanya. 

Tahun ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan berfokus kepada program-program yang meningkatkan daya beli masyarakat. Bahkan, tak jarang pemerintah memberikan relaksasi pajak kepada masyarakatnya.

“Kita fokus untuk mendorong UMKM, jangan dulu pajak, yang paling penting roda ekonominya dulu berjalan, kalau roda ekonomi berjalan, daya beli pun mampu masyarakatnya,” ujar Pilar Saga.

Digitalisasi yang tidak bisa dihindarkan pun menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran produk-produk UMKM. Bahkan, Tangerang Selatan sudah mulai menggunakan Virtual Reality dalam memasarkan produknya. 

“Di Tangsel ini bukan hanya saja produk fashion ataupun kuliner, tapi kita juga produk IT, kita punya Virtual Reality, itu anak ciputat yang punya, virtual reality ini sangat diminati untuk pemasaran produk, karena kita menuju era metaverse,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Pesta Rakyat dan UMKM, Ika Ayu Kartika, membeberkan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan yang melibatkan 77 UMKM ini. 

“Pesta rakyat yang kami selenggarakan ini objectivenya adalah kami ingin membangun kerja sama yang lebih erat terutama dengan Pemerintah Kota Tangsel, kemudian menggandeng komunitas yang ada di Tangsel, khususnya komunitas kewirausahaan,”terangnya. 

Terlebih, diselenggarakannya acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital nasional, khususnya wilayah Tangsel. 

“Seperti kita ketahui di acara kita kali ini, semuanya sesuai rencana adalah cashless, jadi kita menggunakan pembayaran via digital di bazar ini,” tambahnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo