TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ramai Bikin Koalisi, PDIP Fokus Gerak Ke Bawah

Oleh: FM/AY
Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:19 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Ist)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Ist)

JAKARTA - PDI Perjuangan merasa tidak kesepian meski sejumlah partai koalisi pendukung pemerintah telah membentuk koalisi. Bagi Banteng, kerja sama partai politik merupakan langkah positif demi keberlangsungan demokrasi.

"Kerja sama partai politik itu bagus dan mencerminkan suatu semangat untuk melakukan konsolidasi kekuatan politik. Jadi, PDI Perjuangan menyambut baik kerjasama tersebut," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada RM.id (Tangsel Pos Group), Sabtu (13/8).

Hasto menjelaskan, seluruh kerjasama politik muaranya akan pada penetapan capres dan cawapres. Namun di tengah jalan, diakuinya bukan hal mustahil akan terjadi perubahan, atau bahkan malah penguatan.

"PDIP nunggu waktu yang tepat. Mengingat penetapan capres dan cawapres akan menjadi momentum dalam kerjasama parpol. Dan di situlah bandul politik akan terjadi penggabungan, ataupun perubahan sesuai dengan dinamika politik yang ada," jelasnya.

Saat ini, tambah dia, partainya lebih fokus melakukan konsolidasi partai di tingkat bawah. Menjabarkan apa yang menjadi substansi dari pergerakan politik, yaitu menghalang kekuatan rakyat. Hal ini berbanding terbalik dengan partai lainnya yang lebih fokus menjajakan koalisi.

"Sekiranya saat ini kecenderungan yang ada semua parpol lebih pada pegerakan seputar koalisi, maka PDIP menempatkan skala prioritas untuk bergerak ke bawah. Setelah bawah kuat, baru bergerak atas, dan di situlah PDIP akan ikut berperan penting di dalam menentukan arah kerja sama ke depan," tutur dia.

Diketahui, dari tujuh parpol pendukung pemerintah, lima di antaranya telah membentuk koalisi. Yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN, dan PPP.

Kemudian Gerindra dan PKB yang baru saja meneken piagam koalisi. Sedangkan NasDem lagi dekat dengan Demokrat dan PKS untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan AHY. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo