TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menuju Indonesia Emas, Airin : Kualitas Pendidikan Harus Ditingkatkan, Sekolah Jangan Hanya Dapat Ijazah

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 29 April 2024 | 17:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PAMULANG - Sebagai pemerhati pendidikan, Airin Rachmi Diany menyebut bahwa pendidikan di Tangerang Selatan (Tangsel) kini sudah sangat baik. Kendati demikian, kualitasnya pun harus tetap ditingkatkan. 

Hal tersebut patut diupayakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) dalam rangka menyongsong Indonesia Emas yang diproyeksikan akan berlangsung pada 2045 mendatang. 

Airin yang dahulu pernah memimpin wilayah termuda se-Provinsi Banten ini selama 10 tahun mengetahui benar bagaimana kondisi pendidikan di Tangsel. 

Menurutnya di balik kondisi saat ini, terdapat tantangan yang harus dihadapi dalam dunia pendidikan. 

"Pr-nya yang saya lihat, terutama mengenai jenjang pendidikan anak-anak dari SD ke SMP, SMP ke SMA yang memang saya tahu persis bagaimana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah berusaha semaksimal mungkin memenuhi dan berusaha menambah kuota kelas dan lainnya," ungkap Airin di wilayah Pamulang, dikutip Senin (29/4/2024). 

Hal tersebut, kata Airin, sudah sangat tepat untuk dilakukan. Namun yang terpenting, bersamaan dengan itu kualitas pendidikan juga harus ditingkatkan. 

Sekolah, menurutnya jangan hanya sekadar menjadi formalitas saja. 

"Karena anak-anak kita jangan hanya formalitas diajarkan sekolah, sekolah, sekolah. Jangan hanya mendapat ijazah, keluar dari sekolah, sulit mencari kerja, menjadi beban," tegasnya. 

Maka dari itu dalam sekolahnya, anak-anak juga harus diberikan berbagai ilmu yang bermanfaat dan dapat berguna untuk meraih mimpinya di kemudian hari.

"Kita harus bisa menstransformasikan, harus bisa memberikan ilmu yang bermanfaat yang bukan hanya formalitas saja. Bukan hanya kurikulim yang dipenuhi. Saya senang sekali dengan adanya konsep Sekolah Merdeka. Tapi di satu sisi itu pun menjadi sebuah tantangan. Bagaimana indikator dari kualitas pendidikan, dari ilmu yang didapat oleh anak anak kita sehingga saat kita sekolah mereka punya ilmu untuk meraih mimpi dan cita-citanya," terang Airin yang kini disebut-sebut hendak mencalonkan dirinya sebagai Gubernur Banten.   

Menurut Airin, hal tersebut harus diupayakan secara matang. Pasalnya, 2045 mendatang Bangsa ini diproyeksikan akan menghadapi generasi Indonesia Emas. 

"Tentunya kualitas sumber daya manusia harus menjadi skala prioritas. Ini adalah PR kita bersama. Bisa kita raih dengan kualitas tenaga pendidik dan pendidikan pun harus juga mampu beradaptasi, berinovasi, dan bertransformasi untuk memberikan pengajaran, pendidikan kepada anak-anak kita," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo