TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Dan Gibran Kompak Kunker Ke Arab

Laporan: AY
Rabu, 15 Mei 2024 | 08:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

UNI EMIRAT ARAB - Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka kompak melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA). Kehadiran mereka langsung disambut Presiden UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan yang akrab disapa MBZ.
Prabowo dan Gibran tiba di Istana Al Shati, Abu Dhabi, Senin (13/5/2024). Menaiki mobil yang sama, Prabowo dan Gibran mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan dalaman kemeja putih. Mereka juga kompak mengenakan dasi berwarna merah. Yang membedakan hanya kopiah saja. Prabawo pakai kopiah, Gibran tidak.
Kedatangan Prabowo dan Gibran langsung disambut MBZ dan jajaran pejabatnya di depan pintu masuk Istana. MBZ mengenakan Kandora-pakaian nasional para laki-laki UEA-berwarna abu tua.
Prabowo dan Gibran langsung menyalami MBZ. Sambil berjalan, Ketua Umum Partai Gerindra itu memperkenalkan Gibran sebagai Wapres terpilih. "Yang Mulia, Wapres terpilih saya," ucap Prabowo kepada MBZ, sambil menunjuk Gibran. "Saya tahu orang ini," jawab MBZ, sembari merangkul bahu Gibran, disambut tawa Prabowo.
Prabowo dan MBZ kemudian memasuki Istana. Gibran mengikuti di belakangnya.

Sesampainya di ruang pertemuan, Prabowo duduk berdekatan dengan MBZ. Sementara Gibran berada di sebelah kanan Prabowo. Adapun petinggi UEA dan Indonesia duduk agak jauh.
Membuka pertemuan itu, MBZ memberikan selamat kepada Prabowo-Gibran yang memenangkan Pilpres. Ia mendoakan, Prabowo-Gibran mampu menjalankan pemerintahan yang baik, dan memenuhi aspirasi rakyat.

Prabowo dan MBZ kemudian terlihat bicara serius. Prabowo sampai mengeluarkan kertas dan pulpen untuk mencatat yang disampaikan MBZ.
Prabowo dan MBZ membahas hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan, militer, dan sejumlah rencana untuk meningkatkan kerja sama. Keduanya juga bertukar pikiran mengenai sejumlah isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. Dan yang terpenting, UEA ingin memperdalam kerja sama, mendorong pembangunan, dan kesejahteraan bersama.

Di akhir pertemuan, Prabowo mendapat anugerah "Zayed Medal" dari MBZ. Penghargaan itu diberikan atas ketulusan Prabowo dalam mempererat hubungan UAE dengan Indonesia.

Prabowo mengapresiasi penghargaan yang diberikan tersebut. Ia berterima kasih dan merasa terhormat. Harapannya, hubungan kedua negara dapat berkembang dan tumbuh sesuai kepentingan bersama.
Prabowo dan Gibran kemudian pamit kepada MBZ. Di pintu depan Istana, Prabowo dan MBZ masih asyik mengobrol. Prabowo lalu menjabat tangan MBZ untuk berpamitan. MBZ lalu memberikan hormat. Prabowo pun memberikan hormat balik. Kemudian menyusul Gibran yang bersalaman dengan MBZ. 
Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo diundang khusus oleh MBZ, sebagai Menhan sekaligus presiden terpilih untuk menerima Zayed Medal. Sekaligus bicara hubungan kedua negara lebih baik di masa yang akan datang. 
“Tentu Pak Prabowo ingin memperkenalkan Wapres terpilih kepada UEA," ujar Dahnil saat dikonfirmasi, Selasa (14/5/2024) malam.

Sementara, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana menyebut, kehadiran Prabowo dan Gibran ke UEA sebagai bukti kekompakan Presiden dan Wapres terpilih.

Sebab, ketika sudah dilantik, keduanya tak mungkin bisa berada di lokasi yang sama ketika ke luar negeri dengan alasan keamanan. "Mengingat bila terjadi apa-apa, maka Wapres harus mengambil alih," ujar Hikmahanto, tadi malam.
Hikmahanto juga memuji cara Prabowo mengenalkan Gibran sebagai Wapresnya ke MBZ. Ini memperlihatkan Prabowo ingin pemimpin dunia juga mengenal Wapresnya.
Hal-hal seperti ini yang menurut Hikmahanto bisa membuat kedua pemimpin Indonesia ini bisa berpengaruh di kancah internasional. "Beliau berdua akan mendunia, dan ditunggu kiprahkan setelah dilantik nanti," katanya. 
Hikmahanto menambahkan, kunjungan Prabowo dan Gibran ke UEA sudah tepat. Apalagi UEA menjadi salah satu negara yang memberikan kontribusi besar ke Indonesia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo