TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lantik Puluhan Panwascam Jelang Pilkada, Bawaslu Tangsel : Jaga Integritas!

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 24 Mei 2024 | 13:51 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik puluhan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas dalam kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), November 2024 mendatang.

Pelantikan yang berjalan begitu khidmat tersebut berlangsung di Kawasan Serpong, Tangsel, Jumat (4/5/2024). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengungkapkan, proses pelantikan ini sekaligus menjadi komitmen dalam rangka menjaga dan memperkuat demokrasi di Tangsel. 

"Khususnya dalam menyongsong pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan," ungkap Benyamin. 

Menurut Benyamin, Panwascam merupakan unsur yang memegang peran penting dalam kelancaran berjalannya kontestasi politik di kota termuda se-Banten ini. 

"Terutama untuk mengawasi kejujuran, dan transparansi. Panwascam juga memegang peran strategis dalam menjaga integritas dan keberlangsung Pilkada," jelas Benyamin. 

Lebih lanjut, Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep berpesan, kepada para Panwacam yang baru saja Ia lantik agar senantiasa dapat menjaga integritasnya dan prinsip-prinsip sebagai pengawas pesta demokrasi di Negeri ini. 

"Maka yang dibacakan dalam Pakta Integritas harus dilaksanakan dengan baik," pesan Acep kepada puluhan Panwascam yang baru saja dilantik. 

Acep mengingatkan bahwa sebagai Panwascam, harus memiliki kemampuan dan keahlian di atas rata-rata.

"Harus memahami sedikitnya tiga pokok Undang-undang. Baik itu tentang Pilkada, tentang Pemerintahan Daerah soal netralitas ASN, dan Undang-undang yang dikeluarkan oleh KPU ataupun Bawaslu. Semua aturan harus dikuasainya. Jadi tidak hanya cukup memahami Perbawaslu saja, dan sebagainya," ungkap Acep. 

Ia kembali menegaskan, integritas merupakan hal utama yang harus dipegang teguh oleh para insan pengawasan, khususnya sebagai seorang Panwascam. 

"Maka tegak lurus dalam pengawasan harus dipentingkan. Jaga integritas jangan cuma hanya diucapkan dan ditulis. Tapi juga diaplikasikan dalam perbuatan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo