TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cegah Kader Top Jadi Incaran Partai Lain, Banteng Kunci Dengan Surat Tugas

Laporan: AY
Sabtu, 25 Mei 2024 | 13:36 WIB
Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan yang juga Ketua Steering Committee (SC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan (PDIP) ke-V, Djarot Saiful Hidayat (tengah). Foto: RM
Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan yang juga Ketua Steering Committee (SC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan (PDIP) ke-V, Djarot Saiful Hidayat (tengah). Foto: RM

JAKARTA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V PDI Perjuangan(PDIP) akan merumuskan garis besar strategi pemenangan untuk Pilkada Serentak 2024. Di antaranya, mengunci sejumlah kader top yang akan diusung.

Caranya, calon kepala dae­rah itu diberikan surat tugas dari DPP PDIP. Surat itu, menjadi le­galitas melakukan konsolidasi, termasuk mencegah kader top di Pilkada menjadi incaran partai lain. "Ini dimaksudkan mereka mendapatkan betul-betul penu­gasan dari DPP partai. Karena kalau nggak begitu, tadi bener itu istilahnya dicuri atau diapa tadi, dicuri dan mencurikan diri," ujar Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Djarot Syaiful Hidayat, di Jakarta, kemarin.

Mantan Gubernur DKI itu menegaskan, hal ini merupakan komitmen partai. Oleh karena di dalam politik, PDIP itu ada ke­setiaan. Bukan hanya kesetiaan pada partai, melainkan juga pada rakyat dan konstitusi.

Dikatakan, jagoan PDIP di Rakernas V ini, nantinya dapat melakukan konsolidasi pemenangan di tiga pilar partai. Yaitu, eksekutif, struktural par­tai, dan legislatif. Nah, tiga sek­tor ini akan melakukan komu­nikasi politik di masing-masing wilayahnya turun ke massa hingga melakukan survei.

"Tentang Pilkada, partai di dalam Rakernas akan merumus­kan secara garis besar strategi pemenangan Pemilukada. Baik, tadi saya sampaikan di dalam sub-komisi kelompok tiga itu ada sub komisi kelompok tiga yang dimana diikuti para DPD atau DPC yang suaranya lebih dari 20 persen. Artinya, dia bisa mengusung sendiri," kata Djarot.

Dia menyampaikan, dalam garis partai juga akan dipertimbangkan bagaimana PDIP bisa bekerjasama dengan partai-partai lain di Pilkada 2024. "Jadi sekali lagi meskipun PDI Perjuangan bisa maju sendiri, ta­pi tetap kita menjalin hubungan yang baik dengan partai-partai dengan mengedepankan kearifan lokal," ungkapnya.

Senada, politisi PDIP, Deddy Yevri Sitorus menyampaikan,setiap momen Pilkada, aksi pembajakan kader partai kerapterjadi. Untuk itu, forum Rakernas ini dilakukan agar hal buruk tersebut tak terjadi. "Tiap Pilkada kan selalu begitu (aksi pembajakan kader). Apalagi ini setelah Pemilu kemarin banyak apa namanya intervensi apa segala macam tentu pasti ada dampak dampaknya. Tapi kan kita lihat saja nanti justru itu di bahas di sini (Rakernas). Itu yang harus kita diskusikan agar kita tak cuma bisa berasumsi," tegasnya.

Diketahui, DPP PDIP meng­gelar Rakernas Ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'. Tercatat, 4.858 peserta hadir dalam pembukaan Rakernas di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo