TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Sudah Dibantah Polisi

Bunker Di Rumah Sambo Ada Yang Percaya, Ada Yang Tidak

Laporan: AY
Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:22 WIB
Rumah Irjen Ferdy Sambo. (Ist)
Rumah Irjen Ferdy Sambo. (Ist)

JAKARTA - Unggahan bernarasi temuan bunker berisi uang sebesar Rp 900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo masih ramai di media sosial. Polisi sudah membantah kabar tersebut.

Unggahan tentang bunker duit Irjen Ferdy Sambo awalnya dibagikan akun Twitter @Miss_warawiri, Selasa (16/8). Cuitannya berisi, polisi mengamankan Rumah Sambo, termasuk yang di Jalan Bangka. Rumah Sambo yang di Jalan Bangka ini luar biasa mewahnya.

“Oh iya, terkait temuan bunker dan uang 900 miliar di Rumah Mewah Sambo. Duitnya masih aman kan ?” tanya @Miss_warawiri.

Dalam unggahan itu, turut dibagikan foto kompleks rumah yang disebutkan se­bagai “Istana Sambo.” Rumah itu sangat besar dibanding rumah di sebelahnya.

Hingga kemarin, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 863 kali dan disukai lebih dari 2.247 orang.

Informasi bunker berisi uang Rp 900 miliar di rumah Ferdy Sambo di­amini kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. Dia mengaku mendapatkan informasi tersebut sejak awal menangani kasus pembunuhan Brigadir J.

“Saya sudah mendapatkan (informasi) itu dari bulan lalu, waktu saya baru me­nangani perkara ini,” kata Kamaruddin kepada KompasTV, Senin (22/8).

Namun, lanjut Kamaruddin, pihaknya memerlukan bukti untuk memperkuat informasi tersebut. Walaupun, informasi tersebut 99 persen akurat.

“Karena setiap saya konfirmasikan selalu benar,” klaim dia.

Kamarudin mengaku mendapatkan informasi keberadaan bunker uang tersebut berdasarkan laporan intelijen. Intelijen tersebut merupakan perwira menengah di Mabes Polri, berpangkat komisaris besar polisi dan intelijen lain, baik yang masih aktif maupun yang sudah purnawirawan.

“Ada juga purnawirawan jenderal poli­si tapi kerjanya di intelijen BIN. Artinya, bukan satu dua yang mengutarakan, ada juga beberapa intel lain,” ungkap dia.

Dari informasi intelijen ini, kata Kamaruddin, kemudian mengerucut keberadaan bunker uang yang berada di kediaman Sambo. Dia menyarankan pembentukan tim independen.

Libatkan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) supaya ke­tahuan dari mana uangnya dan ke mana perginya,” saran dia.

Netizen tidak kaget dengan keberadaan bunker di rumah Irjen Ferdy Sambo. Apalagi, Sambo sering dikaitkan dengan konsorsium 303. Kalau uang tersebut disimpan di bank, pasti terlacak.

“Tim Khusus (timsus) Mabes Polri dikabarkan telah menemukan uang Rp 900 miliar di kediaman Ferdy Sambo. Hal ini dikaitkan dengan judi online Konsorsium 303 yang diduga dipimpin Ferdy Sambo,” ujar @Kagoya.

Akun @Luna tidak kaget dengan temuan uang ratusan miliar di rumah Ferdy Sambo. Soalnya, bisnis ilegal sep­erti judi, duitnya memang besar.

“Percaya bila bunker di Rumah Ferdy Sambo pasti ada. Kalau lewat bank pasti kelacak sama PPATK,” kata @Nangsoe.

Akun @AgusHerman meminta PPATK mencari bunker milik pejabat. Dia sangat yakin, pasti ada tempat simpan uang untuk setoran-setoran itu. Dan sekarang, banyak yang blingsatan memindahkan uang simpenannya.

“Yakin ada, tapi nilainya tidak sampai Rp 900 miliar,” kata @Dorraemon. “Uang Setan dimakan Jin. Susah jaganya gam­pang menguap,” saut @bugis_post.

Akun @Batara_guru menduga temuan uang Rp 900 miliar di rumah Ferdy Sambo menjadi salah satu motif adanya perjudi­an dan beking kejahatan. Kemungkinan, informasi tersebut diketahui oleh Brigadir J sehingga harus dilenyapkan.

“Segala bentuk perjudian dan kebru­talan harus dilenyapkan dan dibasmi,” kata @Jarumkompasutar.

Akun @Jarumkompasutar meminta kepolisian melakukan reformasi total dan menyeluruh. Soalnya, slogan mengayomi hanya dalam kata-kata, tapi dalam ke­nyataan tidak ada sama sekali.

Seharusnya kekayaan, termasuk ru­mah dan uang temuan di rumah Ferdy Sambo disita negara,” ujar @adan­gjuanda194.

Akun @Christian_jolodong kesal karena kepolisian masih berusaha menutupi temuan uang Rp 900 miliar milik Ferdy Sambo di rumahnya. Dia bilang, keper­cayaan publik kepada kepolisian sudah terkikis. “Masihkah kita percaya polisi-polisi itu,” tanya dia.

Akun @Teguh_Purnama menyam­bung. Dia bilang, untuk saat ini masyarakat tidak bakal percaya dengan pernyataan polisi. Soalnya, bila temuan uang itu terbukti dan ada yang menyangkal, bisa terkena pemecatan.

“Polisi jangan menyangkal temuan uang tersebut. khawatir bila nanti ter­bukti, ada yang malu seperti Kompolnas kemarin malah jadi blunder,” ujar @ Cah_Ndeso.

Sementara, @Singkong_Apik membela polisi. Dia meminta pengacara Brigadir J fokus dengan kasus pembunuhan, bukan malah melempar isu ke mana-mana.

Terpisah, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo membantah informasi keberadaan bunker yang berisikan uang Rp 900 miliar di rumah Ferdy Sambo.

“Berdasarkan informasi dari tim khusus yang melakukan penggeledahan di beber­apa tempat Irjen FS, info soal bungker Rp 900 miliar tidaklah benar,” ujarnya.

Dedi menyampaikan, tim khusus memang melakukan penggeledahan di rumah Sambo. Penyidik juga melakukan penyitaan beberapa barang bukti untuk pembuktian di persidangan.

"Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro-justitia,” pungkas Dedi. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo