TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bicara Soal Bisnis, Airin Paparkan Tips & Strategi Bagi para Pengusaha Muda

Laporan: Irma Permata Sari
Senin, 05 September 2022 | 06:28 WIB
Forum Bisnis Daerah (FORBISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banten, yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Minggu (4/9/2022). (tangselpos.id/ist)
Forum Bisnis Daerah (FORBISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banten, yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Minggu (4/9/2022). (tangselpos.id/ist)

TANGERANG, Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Airin Rachmi Diany membeberkan tips dan strategi dalam berbisnis kepada para pengusaha muda di Provinsi Banten.

Hal tersebut tertuang dalam Forum Bisnis Daerah (FORBISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banten, yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Minggu (4/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Airin mengungkapkan bahwa hal terpenting yang harus dijalani oleh para pengusaha, adalah melakukan atau memilih sesuatu yang disukai.

"Saya selalu sampaikan terutama di Hipmi Tangsel, sukai apa yang menjadi pekerjaanmu. Baik itu sebagai pegawai, baik itu sebagai pengusaha," ujar Airin.

Termasuk juga, kata Airin, bidang yang akan dipilih dalam bisnis yang dijalani.

"Tapi kalau suka, Alhamdulillah nyaman kita lakukan. Apapun pekerjaan, bidang apa yang ingin diambil, dimulai dari hati kita, keinginan kita, akan timbul kerja keras," terang Airin.

Jika hal itu telah dilakukan, maka selanjutnya wajib bekerja keras. Kegigihan, lanjut Airin, sudah menjadi hal yang harus dilakukan.

"Dari kalimat pengusaha saja itu ada kata usaha. Jadi adalah orang gak boleh pernah menyerah. Usaha terus, jadi rezeki, dan akhirnya meraih kesejahteraan. Kalo passion-nya jadi pengusaha, kegigihan yang paling penting, dan juga kejujuran dan kepercayaan," tuturnya.

Kemudian yang terkahir, kata Airin, adalah wajib mengikuti aturan yang berlaku. "Hari ini itu penting sekarang," imbuhnya.

Selain strategi dalam berusaha yang telah dipaparkannya itu, Airin menambahkan bahwa kolaborasi dan jaringan (networking) merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pengusaha.

"Intinya dalam hidup pasti harus ada kolaborasi, naik itu dunia usaha, pekerjaan, atau juga pers yang tak kalah penting. Lalu networking, karena satu hal, kita kenal satu sama lain maka kita bisa mendapat potensi dan peluang," jelas Airin.

Airin pun berpesan kepada para pengusaha muda, jika kesuksesan telah diraih, jangan sesekali lupa dengan lingkungan sekitar.

"Ajak yang lainnya. Percayalah manakala dibagi rezeki, maka rezeki pun akan bertambah," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo