TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ribuan Warga Desa Kabupaten Cianjur Deklarasi Ganjar Presiden 2024

Laporan: AY
Rabu, 07 September 2022 | 13:24 WIB
Ribuan warga di Kabupaten Cianjur mendeklarasikan dukung Ganjar Capres 2024. (Ist)
Ribuan warga di Kabupaten Cianjur mendeklarasikan dukung Ganjar Capres 2024. (Ist)

CIANJUR - Program-program yang digagas Ganjar Pranowo untuk memajukan desa di Jawa Tengah memang menjadi inspirasi. Tak terkecuali bagi warga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.  Hal ini pula yang mendorong mereka bergabung dalam relawan Des Ganjar (Desa untuk Ganjar) Jabar dan menyatakan diri mendukung aspirasi 'Ganjar Presiden 2024'. 

Upacara bergabung ke dalam jaringan relawan Des Ganjar tersebut berlangsung di Lapangan Binaraga Pesawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jabar, Selasa (6/9). 

Ketua Des Ganjar Kabupaten Cianjur Jenal menjelaskan, berbagai program desa yang digulirkan Ganjar terbukti mampu membuat masyarakat desa 'ngahiji' atau bersatu untuk membangun dan mengelola desa bersama-sama. Dengan pola dan semangat yang sasma, Jenal yakin Ganjar mampu membuat desa di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Cianjur, lebih maju lagi. 

"Kami dari Des Ganjar Kabupaten Cianjur, kenapa mendukung Pak Ganjar, karena beliau memang mempunyai program-program yang sangat bagus. Program tersebut bisa membangkitkan kebersamaan warga masyarakat desa agar aktif terlibat dalam berbagai program pemberdayaan untuk kemakmuran bersama," kata Jenal di lokasi.

Dalam upaya memajukan desa, Ganjar diketahui telah menggerakan berbagai program inovatif. Tak sedikit di antara program-program tersebut yang melibatkan banyak pihak untuk saling bersinergi membangun perekonomian desa secara gotong royong.

Seperti misalnya konsep Desa Kembar yang memungkinkan warga belajar mengelola perekonomian di desa, kemudian program Satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Satu Desa Dampingan yang dapat menumbuhkan ekonomi kreatif warga lewat pembangunan dan pendampingan, hingga perwujudan desa berdikari yang melibatkan peran pemuda di kampungnya masing-masing.

Terlebih lagi, Ganjar konsisten menganggarkan bantuan untuk pembangunan desa wisata. Pada 2020 lalu, Ganjar melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng telah mengalokasikan Rp 18,5 miliar untuk 100 desa dari APBD. Setahun setelahnya, jumlah yang dianggarkan bertambah menjadi Rp 32 miliar untuk 260 desa. 

Adapun di tahun 2022 ini, besaran bantuannya terbagi menjadi tiga kelompok, yakni Rp 1 miliar untuk desa wisata maju, Rp 500 juta untuk desa berkembang, dan Rp 100 juta untuk desa wisata rintisan. Anggaran tersebut diproyeksikan membantu pengembangan di 131 desa wisata yang ada di Jateng.

Menurut Jenal, berbagai program desa yang digagas Ganjar perlu dimasifkan ke seluruh Indonesia. Sebab itu, Jenal menyebut Des Ganjar Kabupaten Cianjur menginginkan realisasi program-program itu saat Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. 

"Program Pak Ganjar sangat menjaga stabilitas di lingkungan sosial masyarakat desa. Tentunya kami berharap program ini bisa direalisasikan di Kabupaten Cianjur dan desa-desa di seluruh Nusantara. Itulah harapan kami," tuturnya.

Lebih lanjut Jenal mengatakan, pihaknya akan terus menggelar berbagai kegiatan untuk mengkonsolidasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo secara luas ke seluruh masyarakat desa di Kabupaten Cianjur. Dia berharap, 'Ganjar Pranowo Presiden 2024' bisa terwujud. 

"Untuk program relawan Des Ganjar Kabupaten Cianjur ke depan, kita akan terus sosialisasi, memperkenalkan berbagai program konkret beliau (Ganjar Pranowo) yang sangat luar biasa dan sangat merakyat. Tentunya itu yang sangat diharapkan masyarakat," pungkasnya.

Deklarasi relawan Des Ganjar Kabupaten Cianjur diramaikan berbagai penampilan dan prosesi tradisional. Seperti pencak silat, pengalungan bunga dan arak-arakan tarian lengser, hingga tarian jaipong. (rm.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo