TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Urai Kemacetan, Dua Hari Lagi Traffic Light di Perempatan Kampung Utan-UIN Bakal Diuji Coba

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 07 September 2022 | 17:37 WIB
pemberitahuan uji coba traffic light perempatan Kampung Utan-UIN Jakarta (ist)
pemberitahuan uji coba traffic light perempatan Kampung Utan-UIN Jakarta (ist)

CIPUTAT TIMUR, Guna mengurai kemacetan, sebentar lagi lampu lalu lintas atau traffic light di perempatan Kampung Utan, Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), bakal segera beroperasi. 

Namun sebelum aktif secara permanen, lampu lalu lintas yang berada tepat di dekat kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu bakal menjalani masa uji coba terlebih dahulu. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel, Arif Afwan Taufan menuturkan, masa uji coba traffic light akan berlangsung selama sepekan. Dimulai dua hari lagi, sejak Jumat (9/9/2022) sampai Kamis (15/9/2022) mendatang. 

“Kaitan aktivasi lampu merah kita pendampingan saja karena itu ruas jalan nasional, bersama Kementerian Perhubungan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) & PUPR. Insha Allah aktivasi tersebut kami lakukan uji coba tanggal 9-15 September ini," ujar Taufan kepada Tangselpos.id, Rabu (7/9/2022). 

Uji coba ini, kata Taufan, bertujuan agar pengoperasian lampu lalu lintas ini nantinya dapat diketahui oleh masyarakat luas. Khususnya sebelum aktif secara permanen. 
 
Traffic light atau yang biasa disebut lampu merah ini, berada dan akan mengatur lalu lintas di persimpangan antara Jalan Ir. H. Juanda arah Tangsel-Jakarta dan sebaliknya, Jalan WR. Supratman atau Kampung Utan arah ke Pondok Ranji, dan Jalan Kertamukti arah ke Kampus 2 UIN Jakarta. 

Taufan menerangkan, keberadaan lampu lalu lintas ini diharapkan mampu menjawab keresahan masyarakat khususnya soal kemacetan. 

"Ini adalah sebagai bentuk komitmen kami, Dishub Tangsel dan unsur terkait transportasi, serta lembaga pusat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penguraian kemacetan serta berkeselamatan berkendara," terangnya. 

Ia pun berharap agar upaya ini dapat berjalan lancar dan membuahkan hasil. Sebab seperti diketahui, kemacetan di wilayah Ciputat merupakan masalah klasik yang sudah terjadi sejak lama. 

Fenomena macet ini ibarat sudah menjadi sarapan rutin bagi masyarakat yang kerap melintasi wilayah Ciputat, khususnya di pagi dan sore hari. 

"Ini salah satu upaya dan usaha kami juga agar penguraian-penguraian kemacetan itu bisa dilakukan, karena sudah crowded (penuh sesak)," ungkapnya. 

Dengan begitu, Taufan pun meminta kepada para pengguna jalan dan seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mendukung upaya ini. 

"Tentunya kami juga meminta dukungan kepada seluruh pengguna jalan dan masyarakat dalam uji coba dan penerapan (traffic light) nanti ke depan," pungkasnya.

Komentar:
ePaper Edisi 22 April 2024
Berita Populer
01
Stuttgart Open 2024

Olahraga | 2 hari yang lalu

03
PKB Buka Penjaringan Calon Wali Kota

TangselCity | 8 jam yang lalu

04
Piala Asia U-23

Olahraga | 1 hari yang lalu

06
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo