TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Hasil Survei SMRC

Ganjar Sulit Dikejar, Bu Mega Gimana Ini...

Laporan: AY
Jumat, 09 September 2022 | 08:46 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo lagi-lagi jadi bintang di survei calon presiden (capres). Temuan lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru, Ganjar semakin sulit dikejar capres lain. Bu Mega, bagaimana ini...

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani memaparkan, Ganjar mampu memenangkan pertarungan atas dua pesaing beratnya yakni Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Itu jika Pilpres digelar saat survei berlangsung. Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Dengan simulasi bahwa semua pemilih tahu ketiga capres tersebut. Hasilnya, Ganjar juara.

"Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen, unggul signifikan atas Prabowo 25,7 persen dan Anies 21,7 persen. Yang tidak menjawab 8 persen," kata Deni dalam rilis survei bertajuk 'Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024' yang digelar secara virtual, kemarin.

Dari temuan itu, dapat dilihat bahwa selisih Ganjar dengan dua pesaingnya cukup jauh. Sementara Prabowo dan Anies hanya beda tipis, yakni 4 persen. 

Sehingga, kata Deni, persaingan antara Prabowo dengan Anies tidak bisa disimpulkan secara meyakinkan. Apakah Prabowo atau Anies yang unggul. Ditambah lagi masih ada 8 persen yang menyatakan belum menjawab.

SMRC juga sempat mensimulasikan Ganjar dan Anies head to head, yang diasumsikan masuk putaran kedua Pilpres. Hasilnya, tetap politisi Banteng itu yang menang.

Anies mendapat 32,6 persen suara sementara Ganjar dapat 56,4 persen. Memang masih ada 11 persen yang undecided atau belum menentukan pilihan, tapi pemenangnya tetap Ganjar.

"Karena Ganjar sudah mendapat lebih dari 50 persen kalau dua calon bersaing dan signifikan secara statistik lebih dari 50 persen," terangnya.

Lalu, bagaimana jika Anies dan Prabowo head to head? Hasilnya, Anies mendapat suara 38 persen, Prabowo 41,5 persen. Masih ada 20,4 persen yang belum menentukan pilihan. Menurut Deni, ada kans bagi Anies untuk memanfaatkan kalangan tersebut.

Sehingga, keduanya masih berpeluang mengungguli satu sama lain. Bisa Anies, bisa pula Prabowo yang keluar sebagai pemenang. "Bedanya enggak signifikan," imbuhnya.

Kalau Ganjar tidak nyapres, tapi kalau Ganjar maju, maka peta kekuatan politik cukup berat untuk ditaklukkan oleh Anies maupun Prabowo.

Salah satu pemicunya adalah, tingkat kedisukaan masyarakat (likeability) terhadap Ganjar cukup tinggi, yakni 83 persen. Sementara Anies dan Prabowo masing-masing hanya membukukan likeability 74 persen dan 71 persen.

Hebatnya, tingkat kedisukaan masyarakat terhadap Ganjar, dalam catatan SMRC, stabil dalam 1,5 tahun terakhir. Deni membeberkan, tingkat kedisukaan masyarakat terhadap Ganjar selalu berada di angka 80 persen.

Asal tahu saja, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni berusia 17 tahun atau lebih, termasuk sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random dengan stratified multistage random sampling sebanyak 1.220 responden. Response rate sebesar 1.053 atau 86 persen margin of error survei.

Bagaimana PDIP merespons tingginya potensi kemenangan Ganjar di survei SMRC? Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengapresiasi hasil survei termasuk yang dirilis SMRC kemarin. Dimana, kadernya yakni Ganjar unggul telak diantara dua capres potensial lain.

Tapi ia mengingatkan, Pilpres 2024 masih lama. Semua kemungkinan masih bisa terjadi.

"Pilpres masih 1,5 tahun lagi, deadline pendaftaran capres atau cawapres di KPU masih setahun lagi. Hasil survey juga tentu masih dinamis," kata Andreas, yang dikonfirmasi, tadi malam.

Menurut Andreas, partai khususnya PDIP masih terus memperhitungkan berbagai dinamika yang terjadi. Sehingga capres yang dijagokan hingga saat ini belum mengerucut pada nama.

"Yang dilakukan partai-partai yang akan mengusung capres tentu memperhatikan dinamika-dinamika," sambungnya.

Lalu bagaimana peluang Ganjar dan Anies nyapres? Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, dua jagoan partainya yakni Ganjar dan Anies berpeluang bisa nyapres. Bahkan, termasuk opsi memasangkan keduanya, bisa terjadi.

"Apa Mas Ganjar tidak maju dan apakah Mas Anies tidak maju? Di antara dua ini, bisa dua-duanya maju bisa dua menjadi satu," kata Paloh.

Ia juga memprediksi, bahwa Pilpres 2024 akan memunculkan tiga atau empat pasang calon.

"Saya tidak melihat kalau Probabilitynya dua pasangan," jelasnya.

Seperti diketahui, Rakernas NasDem yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), 17 Juni 2022, mengusulkan tiga nama bakal capres yakni Ganjar, Anies dan Panglima TNI Andika Perkasa. 

Paloh menargetkan, NasDem bersama teman koalisinya akan mengumumkan satu nama capres yang satu nama capres definitif akhir tahun ini.

"Tidak perlu dia harus menunda lebih jauh sampai tahun depan," pungkasnya. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo