TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Soroti Persoalan Fasos Fasum, Komarudin : Masyarakat yang Dirugikan

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 12 September 2022 | 16:31 WIB
Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Asda I) Provinsi Banten, Komarudin bersama warga Perumahan Aster, Pagedangan, Tangerang. (ist)
Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Asda I) Provinsi Banten, Komarudin bersama warga Perumahan Aster, Pagedangan, Tangerang. (ist)

TANGERANG, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Asda I) Provinsi Banten, Komarudin, menyoroti soal keberadaan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum), khususnya yang belum diserahkan pengembang perumahan kepada pemerintah daerah. 

Dia menyebut kondisi tersebut sangat merugikan warga, karena banyak prasarana, sarana, dan utilitas perumahan atau permukiman yang tidak terkelola dengan baik. 

“Terutama perumahan lama, banyak belum diserahkan, sementara pengembangnya sudah tidak beraktifitas lagi. Dalam kondisi ini masyarakat yang dirugikan,” ujar Komar saat bersilaturahmi bersama warga Perumahan Aster, Pagedangan, Tangerang, Senin (12/9/2022). 

Menurut Komar, sejatinya penyerahan aset oleh pengembang kepada pemerintah daerah merupakan langkah untuk menjamin atas keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan fasos fasum. 

Melalui penyerahan itu, maka tanggung jawab pemeliharaan selanjutnya dilakukan oleh pemerintah daerah. Sehingga, fasos fasum dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

“Dalam beberapa kasus warga melakukan perbaikan mandiri atas dasar swadaya, tapi ya tidak semua punya kemampuan,” ujarnya. 

Oleh karenanya, untuk mengatasi persoalan fasos fasum yang lama terbengkalai, Komar menegaskan bahwa Pemprov Banten tak akan tinggal diam. 

Pemprov Banten, kata Komar, berinisiatif intuk membantu warga dengan melakukan perbaikan jalan lingkungan. 

Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemprov Banten dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi warga. 

Selain itu, bantuan tersebut turut manjadi bagian dari pelaksanaan prinsip sinergitas dan kolaborasi antara Pemprov Banten dengan semua pihak terkait. 

“Tentunya dengan semangat ini akan terjadi akselerasi pembangunan, sehingga manfaat pembangunan bisa langsung dirasakan warga,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo