Kereta Api Jadi Primadona Saat Libur Panjang

JAKARTA - Moda transportasi kereta api jadi andalan masyarakat selama libur panjang Hari Raya Waisak dan cuti bersama yang berlangsung 9–14 Mei 2025. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lonjakan signifikan penumpang hingga membuat tiket ludes, meskipun jumlah kursi sudah ditambah.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyebutkan pihaknya mengoperasikan total 984.657 tempat duduk, termasuk tambahan perjalanan selama periode libur. Terdiri dari 829.026 kursi KA Jarak Jauh dan 155.631 kursi KA Lokal.
“Hingga 12 Mei 2025 pukul 09.00 WIB, penjualan tiket KA Jarak Jauh telah mencapai 796.872 tiket (96 persen), dan KA Lokal 148.735 tiket (96 persen). Angka ini masih akan bertambah seiring berjalannya waktu,” jelas Anne dalam keterangannya, Senin (12/5/2025).
Puncak arus keberangkatan terjadi pada Sabtu, 10 Mei 2025, dengan 207.571 pelanggan dalam satu hari, melampaui kapasitas 166.975 kursi berkat sistem dinamis naik-turun penumpang di berbagai stasiun. Artinya, okupansi mencapai 124 persen.
Berikut data volume harian penumpang:
• Jumat, 9 Mei: 190.477 pelanggan dari 163.560 kursi (116 persen)
• Sabtu, 10 Mei: 207.571 pelanggan dari 166.975 kursi (124 persen)
• Minggu, 11 Mei: 177.724 pelanggan dari 167.597 kursi (106 persen)
• Senin, 12 Mei: 172.941 pelanggan dari 167.440 kursi (103 persen)
• Selasa, 13 Mei: 136.772 pelanggan dari 166.792 kursi (82 persen)
• Rabu, 14 Mei: 60.122 pelanggan dari 152.293 kursi (39 persen)
(Catatan: Data dinamis dan masih bisa berubah)
Rata-rata okupansi hingga 12 Mei berada di atas 100 persen, menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi ini.
Seluruh operasional didukung petugas tambahan, optimalisasi rangkaian, dan layanan yang makin ramah pelanggan,” imbuh Anne.
Ini 10 kereta paling laris selama libur Waisak 2025:
1. KA Airlangga (271) Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen: 12.702 pelanggan
2. KA Airlangga (272) Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi: 12.198 pelanggan
3. KA Joglosemarkerto (187) loop Solo–Semarang–Tegal–Purwokerto: 9.362 pelanggan
4. KA Joglosemarkerto (193) loop sebaliknya: 9.144 pelanggan
5. KA Sri Tanjung (278) Lempuyangan – Ketapang: 9.023 pelanggan
6. KA Sri Tanjung (277) Ketapang – Lempuyangan: 8.546 pelanggan
7. KA Kahuripan (274) Kiaracondong – Blitar: 7.965 pelanggan
8. KA Kahuripan (273) Blitar – Kiaracondong: 7.938 pelanggan
9. KA Bengawan (282) Pasarsenen – Purwosari: 7.297 pelanggan
10. KA Probowangi (297) Surabaya Gubeng – Ketapang: 7.224 pelanggan
Destinasi seperti Yogyakarta, Banyuwangi, Surabaya, dan Bandung mengalami lonjakan signifikan. Aktivitas pariwisata lokal pun ikut terdongkrak.
Dengan konektivitas antardaerah yang kian luas, kereta api semakin berperan penting dalam mendukung mobilitas dan ekonomi daerah,” ujar Anne.
KAI berkomitmen menjaga performa layanan di tengah lonjakan penumpang, dari ketepatan waktu hingga keselamatan perjalanan.
“Kami akan terus menyesuaikan pola operasi dan meningkatkan pelayanan, terutama untuk menjawab lonjakan permintaan pada momen-momen liburan seperti ini,” tutupnya.
Olahraga | 1 hari yang lalu
Olahraga | 2 hari yang lalu
Pos Tangerang | 1 hari yang lalu
Nasional | 2 hari yang lalu
Olahraga | 1 hari yang lalu
Pos Tangerang | 2 hari yang lalu
TangselCity | 2 hari yang lalu
Olahraga | 1 hari yang lalu
Pos Tangerang | 2 hari yang lalu
Nasional | 2 hari yang lalu