TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Klaim Jabar Kandang Banteng

Puan Beda Kata Dan Data

Laporan: AY
Minggu, 25 September 2022 | 09:34 WIB
Puan Maharani. (Ist)
Puan Maharani. (Ist)

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengklaim, Jawa Barat adalah kandang Banteng. Benarkan klaim itu? Kalau dilihat dari perolehan kursi DPR dan DPRD, ternyata tidak demikian.

Klaim itu disampaikan Puan usai menyambangi Kantor DPC PDIP Majalengka dan Kantor DPC PDIP Subang, Jawa Barat, Kamis (22/9).

Dalam kunjungan ini, Puan disambut 7.000-an kader dari kedua wilayah tersebut, yang kompak mendukungnya sebagai capres.

Di hadapan para kader, Puan mengatakan, mendatangi keluarga besar Banteng Jawa Barat atas perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Puan memang mendapat titah dari Mega untuk berkeliling melakukan konsolidasi struktur dan kader PDIP di berbagai daerah.

“Maka itu, sekarang saya datang ke sini. Apalagi kita tahu bahwa Jawa Barat adalah bagian dari kunci penting kemenangan Pemilu. Jawa Barat ini kandang Banteng," ungkap Puan, saat itu.

Namun, mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, menyayangkan suara PDIP yang terus turun di Jawa Barat dalam beberapa Pemilu terakhir. Karena itu, dia meminta para anak Banteng Jawa Barat menjaga kekompakan untuk menuai kemenangan di bumi Pasundan

"Tolong jangan egois, demi kemenangan keluarga besar PDI Perjuangan. Kita menang dulu di Pileg dan Pilpres, setelah itu gampang menang Pilkada,” ucap dia.

Lalu, seberapa besar dukungan warga Jawa Barat ke PDIP? Di DPRD Jawa Barat saat ini, PDIP berada di urutan ke-3 dengan jumlah 20 kursi. Di posisi pertama, bertengger Gerindra dengan 25 kursi, dan posisi kedua direbut PKS dengan 21 kursi.

Sedangkan untuk hasil Pileg nasional di Pemilu 2019, PDIP juga keok oleh Gerindra di Jawa Barat. PDIP hanya juara 2 dengan perolehan 3.510.525 suara. Sedangkan Gerindra ada di puncak dengan mampu meraup 4.320.050 suara. Dengan suara itu, PDIP hanya mampu menempatkan 11 orang anggota DPR dari Jawa Barat. Sedangkan Gerindra mampu menyabet 18 kursi.

Meski datanya demikian, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, klaim Puan benar adanya. Dia mengacu pada survei terakhir tentang elektabilitas partai-partai di Jawa Barat.

“Karena kerja kerakyatan yang dilakukan secara kolektif, PDI Perjuangan di Jawa Barat elektoralnya tertinggi. Meskipun demikian, bagi PDI Perjuangan survei itu hanya dilihat dan menjadi instrumen di dalam memastikan strategi pergerakan partai. Survei juga dinamis, yang penting adalah kerja nyata di tengah rakyat,” ucapnya, kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah juga tidak menyalahkan dengan klaim Puan. Sebab, dalam catatan lembaga surveinya, ketika ada kasus Arteria Dahlan soal Bahasa Sunda beberapa bulan lalu, suara PDIP di Jawa Barat malah melonjak.

"Meskipun sebaran suara antarpartai tidak terlalu jauh," ucap Dedi, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo