TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kemensos Gercep Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Di Tapanuli Utara

Laporan: AY
Minggu, 02 Oktober 2022 | 08:30 WIB
Bantuan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Ist)
Bantuan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Ist)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan bagi warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10).

Sesuai arahan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, jajaran Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Sentra Insyaf Medan mendistribusikan bantuan logistik ke Tapanuli Utara.

"Dari Sentra Insyaf Medan dalam proses pengiriman bantuan. Mereka sedang dalam perjalanan. Bila lancar malam ini akan sampai di Tarutung," ujar Kepala Sentra Insyaf Medan Iman Imaddudin sebagaimana dikutip dalam siaran pers Kementerian Sosial, Sabtu (1/10).

Bantuan Kemensos yang dikirim ke Tapanuli Utara dari Sentra Insyaf Medan meliputi makanan siap saji sebanyak 1.500 paket, makanan anak sebanyak 1.000 paket, lauk pauk siap saji sebanyak 1.000 paket, air minum kemasan 50 dus, selimut 500 lembar, dan matras 300 lembar.

Selain itu, ada bantuan berupa kasur 200 lembar, pakaian orang dewasa sebanyak 300 paket, sandang bayi 200 paket, popok 100 paket, tenda gulung 200 unit, tenda keluarga 20 unit, dan tenda serbaguna keluarga enam unit.

Pemerintah juga mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu menangani dampak gempa yang terjadi di Tapanuli Utara yang terjadi Sabtu (1/10) dini hari.

Petugas Kemensos dan Tagana berkoordinasi dengan instansi terkait, mendata kebutuhan mendasar warga yang terdampak gempa serta membantu mengevakuasi korban gempa, terutama warga dalam kelompok rentan seperti orang lanjut usia, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

Koordinator Tagana Provinsi Sumatera Utara Eka Darmayanto menyampaikan, warga sebagian masih diliputi trauma dan belum berani kembali ke rumah karena khawatir kerusakan bangunan rumah bisa membahayakan keselamatan mereka.

"Untuk itu, Kemensos melalui Tagana Sumut telah menyiapkan tenda keluarga sebanyak empat unit," ujar Eka.

Sekadar informasi, wilayah Tapanuli Utara diguncang gempa pada Sabtu (1/10) pukul 02.28 WIB. Gempa yang pusatnya berada pada kedalaman 10 km di sekira 15 km barat laut Tapanuli Utara itu diikuti serentetan gempa susulan. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo