TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nyatakan Bersedia Jadi PM Malaysia Lagi

Mahathir: Meski Tua, Saya Masih Kuat Kerja

Laporan: AY
Kamis, 20 Oktober 2022 | 12:57 WIB
Mahathir Muhamad. (Ist)
Mahathir Muhamad. (Ist)

MALAYSIA - Usia tak menghalangi Mahathir Mohamad untuk mengabdi kepada negaranya. Dia menyatakan bersedia menjadi Perdana Menteri (PM) lagi jika rakyat Malaysia menghendakinya.

Pria berusia 97 tahun itu menegaskan akan mempertimbangkan jabatan PM jika koalisi dan rakyat menghendakinya. Ketua Partai Pejuang Tanah Air (Pejuang) itu menekankan, dirinya masih mampu memimpin Malaysia meski sudah berusia lanjut.

“Sejauh ini saya masih berfungsi, bisa bergerak dan berbicara serta bernegosiasi, meski saya sudah tua. Saya masih bisa bekerja dan jika ada permintaan (dipilih kembali sebagai PM), bagaimana saya menolaknya,” ujar “DR M”, demikian sapaan akrabnya, dikutip dari New Straits Times, kemarin.

Meski demikian, Mahathir berharap ada orang lain yang dipilih menjadi PM. “Namun saya berharap tidak perlu (dipilih menjadi PM),” imbuhnya.

Mahathir merupakan PM terlama yang memimpin Malaysia. Ia telah memutuskan akan ikut lagi dalam Pemilu ke-15 Malaysia yang kemungkinan digelar November mendatang.

Ia ikut dalam perebutan kursi parlemen sebagai kandidat dari Langkawi. Dengan demikian, ia akan menjadi calon anggota legislatif (caleg) tertua yang ikut serta dalam pemilu, yakni 97 tahun.

Mahathir mengatakan, koalisi Gerakan Tanah Air (GTA) yang didirikannya, ingin dia tetap mempertahankan kursi parlemen dari daerah pemilihan Langkawi. Kursi tersebut dimenangkannya dalam pemilu 2018. Partai Pejuang bersama beberapa partai lain di koalisi GTA menitikberatkan perjuangan orang Melayu.

Koalisi GTA juga menjajaki kerja sama dengan Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang dipimpin seterunya, Anwar Ibrahim. Namun, lanjut dia, Anwar Ibrahim tidak mau.

Mahathir enggan berspekulasi soal siapa PM yang akan diusung jika koalisi GTA menang pemilu. Kandidat PM baru, menurutnya, relevan dibahas jika koalisi sudah menang.

GTA terdiri atas Partai Pejuang Tanah Air (Pejuang), Partai Bumiputera Perkasa Malaysia (Putra), Barisan Jamaah Islamiah Se-Malaysia (Berjasa), dan Partai Perikatan India Muslim Nasional (Iman). Koalisi ini merupakan gerakan Melayu-Muslim yang didirikan pada Agustus 2022.

Selain partai politik, GTA juga didukung beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM), akademisi, dan para tokoh.

Mahathir pertama kali menjadi PM Malaysia pada 1981 hingga 2003. Saat itu, dia diusung dari koalisi Barisan Nasional. Setelah itu, dia kembali dipercaya menjadi PM dalam pemilu 2018 melalui koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim.

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob telah membubarkan parlemen, Senin (10/10). Berdasarkan aturan, pemilu harus diadakan dalam waktu 60 hari setelah pembubaran parlemen. Namun banyak anggota parlemen dari koalisi Pemerintah maupun oposisi memperingatkan agar pemilu tidak digelar tahun ini, terkait ancaman banjir.

Sesuai jadwal, Malaysia seharusnya menggelar pemilu pada September 2023. Namun kerena kuatnya desakan dari berbagai pihak, termasuk di internal koalisi Pemerintah, Ismail memutuskan untuk menggelarnya lebih awal.

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/internasional/145045/nyatakan-bersedia-jadi-pm-malaysia-lagi-mahathir-meski-tua-saya-masih-kuat-kerja

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo