TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Tekan Kematian Gagal Ginjal Akut

Pemerintah Datangkan 200 Fomipizole Dari Singapura, Harganya Rp 16 Juta Per Via

Laporan: AY
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15:24 WIB
Obat Fomepizole Injeksi. (Ist)
Obat Fomepizole Injeksi. (Ist)

JAKARTA - Pemerintah serius menangani kasus gagal ginjal akut di Indonesia. Sebanyak 200 vial obat Fomepizole injeksi, telah didatangkan ke Tanah Air, untuk memulihkan kesehatan 69 pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal (acute kidney injury/AKI).

Satu pasien akan menerima satu vial Fomipizole, dengan dosis injeksi 1,5 gram atau per 1,5 ml.

Obat seharga Rp 16 juta per vial yang sudah diuji dalam tiga terakhir, diharapkan bisa menekan laju kematian akibat gagal ginjal akut.

"Indonesia memang tidak punya obatnya. Kemarin, didatangkan dari Singapura. Saya baru kontak rekan saya Menteri Kesehatan Singapura dan Australia, karena yang paling dekat," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS), dalam konferensi pers terkait gagal ginjal akut di Indonesia, secara virtual, Jumat (21/10).

Satu orang satu vial. Ada beberapa kali injeksi, tapi bisa cukup satu vial. Supaya cepat, kita datangkan dulu. Kalau ada, bisa didatangkan malam ini juga. Sehingga, bisa segera didistribusikan ke rumah sakit," imbuhnya.

Budi menjelaskan, kasus AKI pada pasien di Indonesia sudah bisa disembuhkan, melalui pemberian Fomipizole.

Obat tersebut telah diuji coba kepada 10 pasien AKI, yang sedang dirawat di RSCM. Reaksi Fomepizole memicu perbaikan gejala pasien, dan sebagian lainnya stabil.

"Jadi kami merasa lebih yakin, bahwa obat ini efektif. Sekarang, pemerintah Indonesia mendatangkan obatnya dalam jumlah lebih banyak. Karena kita sudah tahu apa penyebabnya, itu bisa diobati," papar BGS.

Per Jumat (21/10), pasien anak yang mengalami gagal ginjal akut berjumlah 241 orang. Dengan tingkat kematian 55 persen, atau 133 kasus.

Diduga kuat, gagal ginjal akut ini disebabkan oleh senyawa kimia berbahaya seperti etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butyl ether/EGBE. 

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/government-action/145383/tekan-kematian-gagal-ginjal-akut-pemerintah-datangkan-200-fomipizole-dari-singapura-harganya-rp-16-juta-per-vial

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo