TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Susuri Laut & Sungai

Jokowi Senyum-senyum Di IKN

Laporan: AY
Rabu, 26 Oktober 2022 | 09:51 WIB
Presiden Jokowi menyusuri sungai yang berada di kawasan IKN. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi menyusuri sungai yang berada di kawasan IKN. (Foto : Setpres)

KALTIM - Presiden Jokowi kembali meninjau proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.

Yang berbeda dalam kunjungan kali ini, dari Balikpapan ke lokasi IKN, Jokowi tak menggunakan jalur darat. Kepala negara memilih jalur air dengan menyusuri laut dan sungai. Di lokasi IKN, Kepala Negara senyum-senyum melihat progres pembangunan yang sesuai harapan.

Jokowi terbang ke Kalimantan Timur dengan menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada pukul 07.05 pagi.

Ikut bersama Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono.

Pukul 10 WITA, Jokowi dan rombongan sudah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. Presiden dan rombongan disambut langsung Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan jajaran Forkompida Kaltim. 

Dari bandara, Jokowi tidak langsung menuju ke IKN. Eks Wali Kota Solo itu terlebih dahulu membagikan bantuan langsug tunai (BLT) kepada warga di pasar tradisional di Balikpapan. Jokowi juga mengecek harga-harga kebutuhan pokok sambil berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang pesar.

Selesai bagikan bansos, barulah Jokowi dan rombongan berangkat ke IKN. Namun, ada yang berbeda dalam kunjungan kali ini.  Biasanya, Jokowi dan rombongan menggunakan jalur darat. Dari Balikpapan ke IKN biasanya ditempuh dengan perjalanan sekitar  2 jam.

Namun kali ini, Jokowi dan  rombongan menelusuri jalur laut dengan menggunakan KRI Escolar – 871. Jokowi berangkat dari  dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan ke Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam.

Dalam perjalanan tersebut, Jokowi melintasi Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan IKN.

Momen saat di atas KRI ini dibagikan Jokowi melalui akun Instagram miliknya. Mengenakan kemeja putih yang digulung sesiku dan topi hitam, Jokowi duduk di  geladak haluan kapal. 

"Perjalanan ini juga menyusuri jalur logistik untuk IKN," tulis Jokowi.

Di IKN, Jokowi berkeliling melihat progres pembangunan infrastruktur. Kepalanya manggut-manggut dan senyuman tak pernah lepas dari senyum.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu senang pogres infrastruktur seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan berjalan dengan baik. Bahkan, land development untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah  dalam proses persiapan-persiapan. 

"Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik,” kata Jokowi,  di Bendungan Sepaku Semoi.

Menurut Jokowi, progres secara keseluruhan dapat terlihat pada bulan Januari mendatang. Progres pusat perekonomian baru juga akan terlihat, sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN dapat terus berjalan dengan baik.

“Nanti bisa kita lihat di bulan Januari, Insya Allah kalau bukan hanya gedung-gedungnya pemerintah, tetapi private sector, sektor swasta, investor, PPP (public private partnership) sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak,” terangnya.

Soal  jalur laut yang dilewatinya, Jokowi menyebut  pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik. Melihat berbagai progres tersebut, Jokowi  optimis upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang dapat digelar di IKN.

"Ya kalau kerjanya seperti ini, saya kira Insya Allah bisa, harus optimistis,” ujarnya.

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/government-action/145825/susuri-laut-sungai-jokowi-senyumsenyum-di-ikn

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo