TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cerita Penumpang Lion Yang 1 Mesinnya Kebakaran

Saya Degdegan, Gemeter Serta Lemes

Laporan: AY
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:32 WIB
Penampakan pesawat Lion Air yang satu mesin pesawatnya terbakar. (Ist)
Penampakan pesawat Lion Air yang satu mesin pesawatnya terbakar. (Ist)

JAKARTA - Dunia nyata dan dunia maya digegerkan berita pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang mengalami kebakaran mesin. Akibatnya, pesawat yang baru saja lepas landas itu, terpaksa balik lagi dan membatalkan penerbangan. Meskipun dilanda kepanikan, untungnya tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Insiden pesawat Lion Air langsung viral, kemarin. Pesawat ini, sedianya dijadwalkan terbang pada pukul 15.10 WIB dari Bandara Soekarno Hatta.

Namun, baru pukul 17.13, pesawat baru bisa lepas landas. Tak lama terbang, pesawat kembali mendarat pada pukul 17.45. Dari pantauan Flightradar24, diketahui pesawat berjenis Boeing 737-8GP itu, berputar di Laut Jawa.

Insiden terbakarnya pesawat Lion Air JT330 rame dibicarakan warga dunia maya di medsos. Foto-foto dan video yang memperlihatkan salah satu bagian mesin pesawat mengeluarkan api, rame tersebat di medsos. Dalam salah satu foto terlihat pesawat saat terbang dan mesin sebelah kiri terbakar.

Di video lain yang viral terekam detik-detik saat pesawat melakukan pendaratan darurat. Di bagian mesin sebelah kiri tampak api berkobar. Sementara itu, di landasan sejumlah mobil pemadam kebakaran sudah bersiap.

Video-video lain yang direkam penumpang saat turun dari pesawat juga beredar luas di media sosial. Salah satu video menunjukkan api masih berkobar dan petugas damkar sedang sigap melakukan pemadaman.

Atas kejadian ini, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro buru-buru menyampaikan klarifikasi.

Danang menjelaskan, pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM) itu telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP). Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal.

Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, pesawat yang membawa 169 penumpang dan 6 kru lepas landas pukul 17.13 Wib. Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan.

Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir, seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Proses penumpang keluar dari pesawat dilakukan secara normal,” kata Danang, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Danang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul. Danang belum bisa memastikan apa penyebabnya. Kata dia, teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja yang membutuhkan waktu.

“Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi,” terangnya.

Danang juga memastikan, bahwa penumpang yang hendak berangkat ke Palembang masih tetap melanjutkan perjalanannya. Para penumpang kemudian dialihkan menggunakan pesawat Lion Air yang lain dan berangkat pada pukul 19.20 WIB.

Hingga semalam, insiden yang mendebarkan itu masih rame dibahas warganet di Twitter. Sejumlah penumpang yang ikut dalam pesawat itu memberikan kesaksian saat detik-detik pesawat putar balik.

Pemilik akun @halimahNuryani mengutip kesaksian Lukas Jonathan, salah satu penumpang JT330, sesaat setelah lepas landas. “Mesin kiri meledak dan mengeluarkan api panjang. Dengan sigap pihak crew melakukan pendaratan darurat hanya menggunakan satu mesin,” tulisnya.

Akun @triakurniaputri ikut membagikan pengalamannya saat berada di pesawat. “Saya salah satu penumpang. Deg-degan gemeter lemes karena keadaan di dalam pesawat udah panas pengap banget. Alhamdulillah, bisa selamat dan terimakasih pak Pilot udah sigap menyelamatkan penerbangan ini,” ucapnya, penuh syukur.

Akun @suandiwijaya ikut lega karena semua penumpang selamat. “Syukurlah semuanya aman terkendali. Terima kasih Tuhan semuanya selamat,” ucapnya. Akun @wisanggeni ikut senang. “Alhamdulillah kembali mendarat dengan selamat, seluruh penumpang dan kru pesawat selamat. Berkah Gusti,” ujarnya.

Sumber berita rm.id :
https://rm.id/baca-berita/nasional/146037/cerita-penumpang-lion-yang-1-mesinnya-kebakaran-saya-degdegan-gemeter-lemes

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo