TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Politisi Muda, Tunjukkan Aksimu!

Oleh: Budi Rahman Hakim
Jumat, 28 Oktober 2022 | 08:15 WIB
Budi Rahman Hakim
Budi Rahman Hakim

JAKARTA - Sumpah Pemuda harus menjadi momentum bagi para politisi muda untuk menunjukkan dan meningkatkan perannya dalam membangun bangsa.

Politisi juga harus eksis. Bukan dalam rangka narsis, tapi untuk selalu hadir dalam mengadvokasi kepentingan rakyat. Setidaknya rakyat yang diwakili dan telah memilihnya di daerah pemilihan. Eksis di hadapan publik dengan selalu lantang bersuara.

Di masa silam, politisi di parlemen hanya figuran, hiasan bunga demokrasi. Kamuflase. Tugas dan peran politik mereka super pasif. Diilustrasikan dalam tiga D: duduk, dengar, dan diam. Itu saja: selama hampir 32 tahun.

Zaman sekarang sudah berubah. Kini, kaum muda yang duduk di Senayan juga semakin banyak. Untuk itu, maka mereka harus menunjukkan perannya, dengan terus menyuarakan kepentingan rakyat dan pembangunan bangsa.

Sekarang, zaman sudah sangat bebas. Sejak era reformasi, jangankan politisi, publik saja bebas bersuara. Namun, tentu saja wajar bila sekarang berharap lebih kepada politisi. Selain bersuara, juga mengambil action sebagai watchdog kekuasaan.

Mereka harus “menggonggongi” kekuasaan jika ditengarai ada yang menyimpang.

Namun, tentu kita berharap, sikap lantang para politisi muda tidak cuma sensasi belaka yang tidak ada ketulusan. Apalagi, naudzubillah, bila sikap kritis mereka ternyata cuma pesanan dari sekelompok kepentingan.

Kepada para politisi muda, Anda juga harus mawas diri. Jangan karena benci terus mencari sensasi lalu kurang mawas diri. Jangan nyinyir. Harus matang dalam menyajikan fakta. Jangan hanya bikin geger apalagi kegaduhan yang kontraproduktif bagi iklim kebangsaan.

Rakyat lebih mengharapkan politisi parlemen terus menjaga integritas. Ini semata untuk me-recovery citra yang sudah lama babak belur karena banyaknya oknum yang tercokok KPK. Jaga dan mawas diri dengan selalu berpihak pada kejujuran dan kebenaran. Rakyat di belakangmu.

Komentar:
Bapenda
ePaper Edisi 03 Mei 2024
Berita Populer
08
Inisial B

Opini | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo