TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Manfaat G20 Untuk Rakyat

Infrastruktur Bali Semakin Kinclong

Laporan: AY
Kamis, 17 November 2022 | 13:04 WIB
Embung Sanur. (Ist)
Embung Sanur. (Ist)

BALI - Wartawan Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) Fajar Elpradianto saat berada di Bali melaporkan, penyelenggaraan KTT G20 benar-benar memberikan manfaat kepada rakyat.

Salah satunya dari sisi infrastruktur. Menyambut KTT G20, infrastruktur Bali dibikin kinclong.

Dalam menyambut KTT G20, pemerintah mempersolek wajah Bali menjadi makin indah dipandang, rapih serta bertambah nyaman.

Pembenahan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah tidak hanya area pusat kota atau di Nusa Dua dan sekitarnya. Tapi sampai pelosok.

Dengan kendaraan roda dua Rakyat Merdeka menembus hujan deras menyusuri beberapa lokasi infrastruktur yang sudah disiapkan untuk mendukung G20.

Yang pertama Embung Sanur. Jaraknya 23 kilometer dari Nusa Dua. Tepatnya di jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar Selatan

Embung Sanur adalah area yang dibangun untuk meminimalisir potensi banjir di desa Simawang dan sekitar Denpasar. Area ini dibangun jelang KTT G20 untuk mencegah banjir tapi hasilnya telah menambah eksotisnya Bali.

Luasnya kurang lebih 2,3 hektar dengan luas kolam sebesar 0,96 hektar. Kapasitas tampungan mungkin bisa di atas 30 ribu meter kubik lebih.

Embung Sanur tidak seperti penampungan air biasa. Tapi lebih mirip taman yang besar. Ada area joging, ada tanaman cantik, pohon bebaris jarang-jarang dan patung air mancur.

Di tengahnya ada penampungan air yang besar. Ditambah hiasan umbul-umbul G20 yang berderet. Cocok jadi tempat wisata.

Warga setempat, I Nyoman Budiarso mengakui, manfaat dari pembangunan Embung Sanur memang luar biasa.

Bagi dia, Embung Sanur selain mencegah banjir juga bisa memberi penghasilan masyarakat karena membuka lapangan pekerjaan baru. Hal itu dirasakan dirinya yang saat ini menjadi penjaga daerah tersebut.

Sekitar 3 km dari Embung Sanur ada area persawahan yang juga sudah dirapikan jelang penyelenggaraan G20 namanya Prapat Beris Jogging Track Sanur. Lokasinya di Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Area jogging ini lebih mirip trotoar yang dibangun di tengah hamparan sawah. Tidak hanya untuk membuat sawah ini indah dipandang tapi juga bermanfaat untuk berolahraga atau sekedar lewat.

Melewati daerah itu akan serasa dingin. Kanan kiri adalah sawah. Di tengah lintasan ada susunan bambu dan kayu kecil yang menyerupai tenda untuk berfoto.

Gilang, salah satu warga desa Sanur Kauh mengaku bersyukur areanya kini jadi asik untuk dilalui. Sebelum dibangun jogging track jalanannya sangat tidak nyaman untuk dilalui.

Sementara di area pusat penyelenggaraan KTT G20 sudah tidak diragukan lagi persiapan infrastrukturnya. Salah satunya aspal jalan.

Mulai dari bandara sampai seluruh lokasi penyelenggaraan KTT G20 bisa dipastikan sepanjang jalan tidak akan ditemui lubang. Semuanya sudah disiapkan biar terasa mulus.

Pengemudi taksi online I Nyoman Susanta berharap jalan raya yang sudah dirapikan ini tetap terjaga. Meski G20 sudah selesai tapi manfaatnya jangan sampai selesai.

“Kita masyarakat maunya jalan yang sudah rapih ini bertahan lama,” harapnya.

Sementara bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang dikelola Angkasa Pura I sudah jauh-jauh dipoles. Salah satunya area VVIP yang menjadi tempat kedatangan para pemimpin negara sudah dibuat mewah. Bangunannya terlihat moderen namun tetap ada sentuhan tradisional khas Bali. Ini membuat para tamu.

Jelang kedatangan delegasi G20, Rakyat Merdeka sempat mencicip sedikit area VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai saat menunggu kedatangan Presiden AS Joe Biden. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/149073/manfaat-g20-untuk-rakyat-4-infrastruktur-bali-semakin-kinclong

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo