TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Burung Hantu Di Koalisi Perubahan

Bikin Rencana Sendiri, Batalin Sendiri, Kok Nyalahin Pihak Lain

Laporan: AY
Kamis, 17 November 2022 | 13:07 WIB
Koalisi perubahan. (Ist)
Koalisi perubahan. (Ist)

JAKARTA - Muncul isu ‘burung hantu’ dalam batalnya deklarasi Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Apa benar?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristianto membantah isu ‘burung hantu’ dalam batalnya deklarasi koalisi yang digagas Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia menegaskan, tidak ada burung hantu atau pihak yang ingin menggagalkan koalisi tersebut.

“Kalau kita lihat dari berbagai apa yang ditampilkan, enggak ada invisible power. Itu karena di antara tokoh-tokoh partai tersebut belum mengambil kesepakatan,” kata Hasto di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, kemarin.

Hasto lebih jauh mengatakan, tudingan tersebut merupakan urusan di antara Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS sendiri. “Loh yang koalisi kan mereka,” imbuh Hasto.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrat Andi Arief menganalogikan hanya ‘burung hantu’ yang bisa memisahkan Koalisi Perubahan yang tengah dirintis partainya bersama Partai NasDem dan PKS.

Netizen heran dengan istilah ‘burung hantu’ yang dituding ingin membuyarkan Koalisi Perubahan. Terlebih, yang bikin rencana deklarasi mereka sendiri, dan yang membatalkan juga mereka sendiri.

Akun @Nurhadi_ja menjelaskan, istilah ‘burung hantu’ adalah oligarki dan elite partai di luar Partai NasDem, PKS dan Partai Demokrat yang ingin Anies tidak dicapreskan pada Pemilu 2024.

“Perilaku elite partai yang suka tuding sana tuding sini atas kegagalan partai menunjukkan sikap tidak dewasa dalam berpolitik,” ujar @Bilson_Simamora.

Akun @Rio_febrianto menduga alot­nya deklarasi Koalisi Perubahan karena partai pengusungnya masih meributkan posisi calon wakil presiden (cawapres). Sebab, kata dia, posisi cawapres pent­ing untuk mengerek elektabilitas partai pengusungnya.

Siapa yang mau bayar ongkos kampanye Pilpres dari Sabang -Merauke,” duga @Alieefputra.

Menurut @Bies_Sandy, tidak ada politisi dalam Koalisi Perubahan yang memenuhi kriteria cawapres yang dibu­tuhkan Anies Baswedan. Idealnya, kata dia, posisi cawapres diisi jenderal purnawirawan TNI yang mampu pasang badan dalam segala hal.

Suhu politik sudah mulai menghangat menuju Pemilu 2024. Semoga saja tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat,” kata @Ah_Firdaus.

Akun @igedeanune meminta masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dengan memilih pemimpin yang amanah. Bahkan, dia mengajak masyarakat untuk bersikap pada Pemilu 2024. “Kalau diam kita yang salah,” kata dia.

Akun @Job_joban kesal dengan politisi Demokrat, Andi Arief. Kata dia, NasDem, Demokrat dan PKS tidak jadi deklarasi koalisi justru yang disalahkan malah pihak lain.

“Itu tanda tandanya orang sakit jiwa,” katanya.

“Kalian tak bisa solid untuk koalisi, “burung hantu” kau jadikan kambing hitam. Memalukan,” kata @juju_uda.

Menurut @enny_endah, tidak ada pihak lain yang mau memisahkan Koalisi Perubahan. Dia bilang, mereka bikin rencana sendiri, dan batal sendiri. “Kok jadi ngomel sendiri,” kritiknya.

Akun @Hanz_que menegaskan, tidak ada yang bisa memisahkan koalisi Partai NasDem, Demokrat dan PKS. Sebab, ini koalisi untuk perubahan total dan berpoli­tik secara jujur dan sehat.

“Jadi jangan takut kalah,” tandasnya.

Sementara, @Rahmat_Rio mengaku heran dengan Hasto Kristianto yang suka ngurusin partai orang. Dia menyoal kelebihan Hasto Kristiyanto sebagai kader PDI Perjuangan.

“Woi, jangan sibuk dengan calon partai lain, uruslah calon partaimu sendiri,” saran @Wolo_fit.

Akun @Anak_Alay meminta mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak diam dengan kondisi per­politikan sekarang ini. Dia meminta SBY tidak membiarkan permainan jegal-menjegal capres dan cawapres dengan cara tidak jujur.

“Presiden sudah mengingatkan agar politikus memberikan suasana sejuk dan tidak saling mencela dan menyudut­kan orang atau partai lain,” tandas @Pemerhati. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/149056/burung-hantu-di-koalisi-perubahan-bikin-rencana-sendiri-batalin-sendiri-kok-nyalahin-pihak-lain

Komentar:
Berita Lainnya
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo