TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Gayeng Bareng Ratusan Pelajar Bahas Moderasi Beragama

Laporan: AY
Kamis, 17 November 2022 | 14:43 WIB
Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara di SMA Pangudi Luhur Vab Lith, Muntilan, Jawa Tengah. (Ist)
Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara di SMA Pangudi Luhur Vab Lith, Muntilan, Jawa Tengah. (Ist)

JAWA TENGAH - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjadi pembicara pada Katolisitas Istimewa bertajuk 'Beragama dalam Nalar Publik' yang diselenggarakan SMA Pangudi Luhur Van Lith, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang pada Rabu (16/11).

Di hadapan ribuan siswa-siswi SMA Pangudi Luhur, Ganjar mengajarkan nilai-nilai toleransi yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih nilai toleransi yang wajib diterapkan antar sesama teman dan lingkungan sekitar, termasuk lingkungan sekolah.

"Bagaimana dalam relasi sosial antar anak bangsa itu baik, tentu ada moderasi beragama di dalamnya. Satu mereka punya kepekaan terhadap situasi dan kondisi, kedua mereka ingin berbuat," ujar Ganjar usai acara.

Ganjar melanjutkan, pentingnya memiliki rasa persatuan tinggi melalui butir-butir yang tertuang dalam Pancasila dewasa ini menjadi sangat penting. Bhinneka Tunggal Ika, kata Ganjar, jangan hanya diucapkan di mulut saja tetapi harus dilaksanakan.

Oleh sebab itu, Ganjar pun mendorong para tenaga pengajar untuk mampu menanamkan nilai-nilai tersebut kepada para siswa agar mereka dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya sampaikan kepada mereka, satu harus membawa nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, gotong royong. Kalau mereka sudah tahu, maka persoalan itu bisa kita diskusikan," kata Ganjar.

"Inilah yang penting untuk dikomunikasikan, diceritakan terus menerus dan anak-anak mulai dari SMA ada kepedulian, ingin belajar, mudah-mudahan dipraktikkan," sambung Ganjar.

Menurut Ganjar, ketika Pancasila mampu diterapkan sedini mungkin pada anak maka sentimen-sentimen terkait agama, ras, suku dan golongan tidak terjadi lagi di masa mendatang.

"Sebenarnya ini modal sosial yang dimiliki oleh mereka dan bisa kita kembangkan untuk kita teruskan. Mudah-mudahan anak akan mempelajarinya dengan baik," sebut Ganjar.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/nasional/149105/ganjar-gayeng-bareng-ratusan-pelajar-bahas-moderasi-beragama

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo