TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Keseruan Public Cupping Coffee di Brainmaker bersama dengan Warkop Jaelansky

Laporan: Rachman Deniansyah
Minggu, 20 November 2022 | 21:27 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

PAMULANG, Brainmaker Coffee Hub bersama dengan Warkop Jaelansky, berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Public Cupping di Brainmaker, Jalan Benda Timur 15, Blok E26 Nomor 30, Benda Baru, Tangerang Selatan, Minggu (20/11/2022). 


Kegiatan Public Cupping yang terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya sedikitpun ini, menghadirkan 18 biji kopi terbaik dan berkualitas untuk dicicipi para peserta yang hadir. 

Biji kopi tersebut didapatkan oleh Brainmaker dan Warkop Jaelansky ketika menghadiri acara Jakarta Coffee Week beberapa waktu lalu. Tak tanggung-tanggung, mereka juga menghadirkan biji kopi dengan varietas langka dan mahal, seperti yang dijelaskan oleh Akbar, salah satu pemilik Brainmaker.

“Di sini total di-cupping ada 18 kopi, kita bagi jadi 3 sesi, sesi pertama itu ada kopi-kopi lokal dari Flores, dari Toraja, dan juga dari Cianjur, dibarengin sama sesi duanya baru dari kopi-kopi luar itu ada Ethiopia, Nicaragua, Honduras, dan sebagainya, nah sesi tiga itu yang paling jadi perhatian orang-orang ke sini, varietasnya semuanya Geisha, ada Geisha dari Kolombia, Geisha Honduras, dan Geisha Panama,” kata Akbar saat diwawancara.

Bukan tanpa sebab, kegiatan cupping kopi ini bertujuan untuk para peserta dapat mengenali rasa dan karakter sebuah biji kopi tanpa dipengaruhi beberapa variabel seperti metode penyeduhan.

“Buat kita bisa tahu karakter kopi aslinya sebelum nantinya diseduh, karena kalau sudah diseduh kan nantinya kita sudah bermain variabel, variabel agitasi itu semacam adukan, nah cupping itu untuk melihat karakteristik kopi sedasar-dasarnya mungkin tanpa ada variabel,” jelasnya.

“Kalau teknik cupping itu sederhananya bikin kopi tubruk aja, ga dipengaruhi sama dripper kopi segala macem, jadi kita bener-bener mau lihat kopinya pada dasarnya seperti apa,” sambungnya. 

Tak hanya itu, dengan diselenggarakannya kegiatan Public Cupping Brainmaker bersama dengan Warkop Jaelansky ini, diharapkan bahwa para peserta akan membawa pengalaman baru dan menambah relasi antar pecinta kopi di Tangerang Selatan.

“Yang paling penting yang pertama setelah dari acara ini orang-orang yang datang itu punya experience baru terhadap kopi-kopi yang kita coba, dan itu kan tentunya membuat pengalaman dan pengetahuan kopi dia semakin meningkat, dan supaya komunitas kopi di Tangerang selatan ini lebih hidup,” pungkasnya.

Senada dengannya, pemilik dari Warkop Jaelansky, Denny, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi antar kedai kopi.

Menurutnya, silaturahmi antar kedai kopi akan kurang lengkap bila tidak ada sebuah hal yang dilakukan secara bersama.

“Kegiatan hari ini ada Public Cupping kopi-kopi dari Jakarta Coffee Week kemarin, sama Brainmaker kolaborasi, sebenernya ini lebih kayak antar kedai itu silaturahmi aja sih, tapi dalam ruang lingkup ada acara gitu, kalau kumpul-kumpul kan kalau ga ada acaranya kurang,” kata Denny.

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo