TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo
Setelah Menunggu Dua Dekade

Sah, Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Laporan: AY
Kamis, 24 November 2022 | 13:35 WIB
PM baru Malaysia Anwar Ibrahim. (Ist)
PM baru Malaysia Anwar Ibrahim. (Ist)

MALAYSIA - Setelah dua dekade menunggu, akhirnya, emimpin koalisi Pakatan Harapan Anwar Ibrahim ditunjuk Raja Malaysia sebagai Perdana Menteri (PM), setelah kebuntuan politik mewarnai negara itu usai Pemilu ke-15, 19 November lalu.

Pelantikan Anwar sebagai PM ke-10 akan digelar hari ini sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Dalam keterangannya, Kamis (24/11), Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Malaysia, Ahmad Fadil Shamsuddin, menyatakan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menyetujui penunjukan tersebut.

Diketahui bahwa Pasal 40 ayat 2(a) dan Pasal 43 ayat 2(a) pada Konstitusi Federal Malaysia mengatur soal wewenang Raja Malaysia untuk menunjuk Perdana Menteri yang diyakini memiliki dukungan mayoritas dalam parlemen atau Dewan Rakyat.

Penunjukan Anwar sebagai PM ke-10 Malaysia ini diumumkan setelah Sultan Abdullah menggelar sidang dengan Raja-raja Melayu, atau para raja dari sembilan negara bagian Malaysia untuk memecah kebuntuan politik.

Kebuntuan itu dipicu oleh hasil pemilu yang tidak memberikan suara mayoritas mutlak kepada salah satu partai atau koalisi politik, membentuk pemerintahan. Alias parlemen gantung.

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/internasional/150141/setelah-menunggu-dua-dekade-sah-anwar-ibrahim-jadi-pm-malaysia

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo