TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peringati HUT ke-14 Tangsel, RSU Tangerang Selatan Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 25 November 2022 | 09:41 WIB
Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kota Tangerang Selatan semakin lengkap. (tangselpos.id/ist)
Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kota Tangerang Selatan semakin lengkap. (tangselpos.id/ist)

PAMULANG, Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kota Tangerang Selatan semakin lengkap. Tak hanya perhelatan hiburan saja yang tersaji dalam rangkaian acaranya, namun juga dengan aksi sosial donor darah.

Seperti yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel, bertempat di Aula Gedung 3, Pamulang, Kamis (24/11/2022).

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Tangsel, Dokter Taupik Dipa Sempana mengatakan, aksi sosial donor darah ini menjadi salah satu kegiatan utama dari serangkaian acara yang diberi nama "Pekan Raya Rumah Sakit Umum Tangerang Selatan".

Selain sebagai momen peringatan HUT ke-14 Kota Tangsel, kegiatan ini sekaligus juga menjadi momentum dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional, yang jatuh 12 November lalu.

"Jadi kegiatan hari ini adalah dalam rangka memperingati HUT ke-14 Tangsel dan Hari Kesehatan Nasional," ujar Dokter Taupik dalam acara tersebut.

Ia mengatakan, kegiatan sosial ini diperuntukkan khusus bagi karyawan beserta keluarganya yang berniat ingin mendonorkan darahnya secara sukarela.

"Adapun kantong darah yang dipersiapkan ada 100 kantong. Mudah-mudahan tercapai. Kita fokuskan kepada karyawan dan keluarganya," katanya.

Ratusan kantong darah tersebut, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangsel. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan.

"Nanti hasilnya, darahnya akan kita sumbangkan ke PMI," imbuhnya.

Melalui kegiatan tersebut, Taupik berharap, agar antusias masyarakat dalam hal donor darah dapat kembali digelorakan. Sehingga persediaan kantong darah di Tangsel dapat terpenuhi.

Sebab beberapa waktu lalu saat pandemi Covid-19 masih mewabah, persediaan kantong darah sempat menipis.

"Memang beberapa tahun terkahir persediaan menurun terkait dengan adanya pandemi Covid-19. Pertama pasien yang datang juga sedikit, Kemudian skrining jika ada pendonor yang tidak lolos. Makanya kita mulai menggalakkan lagi setelah melandainya Covid-19 ini," tuturnya.

Selain aksi sosial donor darah, secara bersamaan RSU Tangsel turut melaksanakan kegiatan lain. Seperti mengadakan pemeriksaan tensi dan gula darah, senam sehat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan, aksi sosial donor darah ini menjadi contoh kegiatan yang baik dan sangat positif.

Kegiatan ini, merupakan hasil kolaborasi antara RSU dan PMI Tangsel dalam menjaga stok atau ketersediaan darah dengan cara menjemput bola atau menghampiri para pendonor.

"Jadi hari ini ada kegiatan mobil unit kalau istilah di kami. Jadi kami menjemput bola. Jadi kan donor darah itu ada dua, pertama yang statis di tempat atau datang ke gedung PMI, dan yang kedua ini secara mobile, dengan mobil unit," jelas Suhara.

Dengan kegiatan ini, maka PMI kini memiliki ketersedian darah yang terbilang cukup aman. Sehingga diharapkan, pihaknya dapat memenuhi seluruh permintaan darah bagi yang membutuhkan.

"Ya jadi kalo di Tangsel sehari membutuhkan 100 kantong darah, atau sebulan 3.000-an. Nah sekarang, kita bisa stok sampai 10-20 hari ke depan," pungkasnya. (ADV)

Komentar:
Kominfo
DPRD tangsel HUT kota tangsel
Dispora Tangsel
Perkim
RSU
DISPORA
dinkes
KOLLFEVER
ePaper Edisi 02 Desember 2022
Berita Populer
07
CAF Tangerang Sambangi Pusat Gempa Cianjur

Nasional | 1 hari yang lalu

09
RAPBD Pandeglang TA 2023 Anjlok

Pos Banten | 1 hari yang lalu

KEMERDEKAAN DPRD KOTA TANGSEL
KEMERDEKAAN CIPTA KARYA
PEMKAB PANDEGLANG
DINKES 1
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo