TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bayi Baru Lahir Dibuang Orang Tuanya, Kini Dirawat Dinsos Kabupaten Serang

Oleh: AY/BNN
Selasa, 06 Desember 2022 | 17:55 WIB
Bayi yang baru lahir dibuang orang tuanya itu kini dirawat oleh Dinsos Kabupaten Serang. Foto : Istimewa
Bayi yang baru lahir dibuang orang tuanya itu kini dirawat oleh Dinsos Kabupaten Serang. Foto : Istimewa

SERANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang, akan merawat dan mengasuh bayi yang baru lahir yang ditelantarkan orang tuanya. Bayi tersebut, sebelumnya ditemukan warga di Kecamatan Cinangka.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang, Subur Prianto mengatakan, kronologi penemuan bayi tersebut, berawal pada Minggu 4 Desember 2022 sekitar pukul 21.30 WIB seorang warga Suhada akan pulang ke rumahnya, di Kampung Tancang RT 003 RW 005, Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka.

Dia melihat, tas berwana merah yang tersimpan di atas amben warung. Pada saat membuka isi tas tersebut, Suhada kaget, karena melihat ada seorang bayi yang masih terlihat ada ari-ari nya di tas tersebut.

“Kemudian Suhada berteriak memanggil istrinya bernama ibu Erni, yang berada di dalam rumah. Ibu Erni datang untuk melihat kondisi bayi tersebut, kemudian melaporkan penemuan bayi,* Selasa (6/12/2022).

Setibanya Anggota Polsek Cinangka dan Bidan Puskesmas Cinangka di lokasi, kata Subur, Bidan Puskesmas langsung memotong ari-ari tersebut dan baru diketahui bayi tersebut berjenis laki-laki, kemudian bayi di bawa ke Puskesmas Cinangka untuk mendapatkan perawatan.

Bayi memiliki berat badan 2.7 Kilogram dan panjang 45 centimeter yang secara umum dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Subur mengungkapkan bayi tersebut terlebih dahulu akan dirawat di Puskesmas Cinangka, selama 2 sampai 3 hari untuk memantau perkembangan kesehatannya.

Apabila kondisi bayi tetap stabil dan baik-baik saja, pada hari ketiga Dinas Sosial akan mengambil langkah berikutnya untuk perawatan atau pengasuhan sementara sambil menunggu kejelasan status bayi dari kepolisian.

“Jika nanti ternyata dinyatakan terlantar, maka dinas sosial akan melakukan pemilihan calon orang tua asuh sesuai prosedur. Itu dilakukan setelah di rawat oleh kami (dinsos),” pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo