TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kukuhkan Dekranasda Tingkat Kecamatan, Pilar : Ciptakan Produk Berdaya Saing Tinggi

Laporan: AY
Rabu, 07 Desember 2022 | 19:01 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

PAMULANG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) tak main-main dalam memberikan perhatiannya terhadap para pelaku usaha daerah untuk mengembangkan produknya. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) tingkat kecamatan Pamulang,  Rabu (7/12/2022). 

"Kenapa penting sekali membangun Dekranasda sampai ke tingkat terkecil? Karena potensi kerajinan daerah di kota Tangerang Selatan itu bukan hanya di permukaan tingkat kota tapi sampai ke tingkat paling kecil. Contohnya, kalau di lingkungan saja kita bisa temukan ahli kuliner, pengrajin batik, lukis, desain grafis, dan lain sebagainya," ujar Pilar dalam pengukuhan tersebut. 

Dengan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa ini, Pilar yakin banyak sekali potensi yang harus digali. 

"Ini tugas kita semua, mari kita gali potensi ekonomi kreatif. Tangsel sebagai kota ekonomi kreatif, karena dengan sektor kreatif ini bisa menghasilkan nilai ekonomi dan menjadikan lapangan usaha. Masyarakat bisa hidup dari ekraf," terangnya. 

Hal tersebut, kata Pilar, sudah banyak terbukti. Banyak sekali produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh warganya. Namun fokus utamanya, adalah menjadikan produk-produk itu naik level. 

"Artinya nanti naik level. Dengan potensi yang bagus ini saya tidak mau menyia-nyiakan. Oleh karena itu tolong nanti untuk pelatihan, pendampingan bisnis, dan mungkin nanti kita akan kerjasama dengan perbankan atau lainnya kita harus bangun dengan fokus. Ciptakan produk berdaya saing tinggi," ungkap Pilar. 

Senada dengannya, Ketua Dekranasda Kota Tangsel, Truetami Ajeng Pilar Saga menuturkan, dengan beragam perhatian yang diberikan oleh pemerintah, diharapkan para pelaku usaha dan pengurus Dekranasda dapat lebih semangat untuk menjaring hasil karya yang tercipta dari tangan kreatif masyarakat. 

"Kita harus semangat. UMKM di Tangsel pembeliannya ternyata tinggi, dan kita Tangsel peringkat lima terbesar untuk anggaran UMKM-nya. Berarti perhatian Pemkot terhadap UMKM sangat besar. Inilah yang kita harapkan untuk mendulang nilai ekonomis dalam ekonomi kreatif," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo