TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ubah Kebiasaan Buruk BABS, Warga Kelurahan Bakti Jaya Terima Bantuan Septic Tank

Laporan: Rachman Deniansyah
Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:07 WIB
Baznas memberi bantuan berupa pembangunan tangki septik atau septic tank, pada Jumat (9/12/2022). (tangselpos.id/rmn)
Baznas memberi bantuan berupa pembangunan tangki septik atau septic tank, pada Jumat (9/12/2022). (tangselpos.id/rmn)

SETU, Sejumlah warga di Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan mendapat bantuan berupa pembangunan tangki septik atau septic tank, pada Jumat (9/12/2022).

Bantuan tersebut, disalurkan oleh Badan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada masyarakat yang membutuhkan. Mengingat, di wilayah tersebut masih terdapat warga yang belum memiliki septic tank.

Camat Setu, Erwin Gemala Putra mengatakan, bantuan diberikan di sebanyak lima titik untuk masyarakat di Kelurahan Bakti Jaya.

"Saya ucapkan terimakasih untuk BAZNAS yang sudah memberi bantuan ke kelurahan kami. Dalam rangka kita memenuhi warga yang belum punya septic tank," ujar Erwin kepada awak media.

Bantuan tersebut, kata Erwin, sangat bermanfaat. Mengingat masih ada sejumlah warganya yang menggunakan jamban apung atau biasa disebut helikopter.

"Karena target kita di 2023, kita bisa ada beberapa kelurahan yang memegang status warga yang sudah mempunyai mempunyai septic tank. Jangka pendek, target kita di tiga kelurahan, Bakti Jaya, Babakan, dan Setu. Karena jumlahnya itu rata-rata di bawah 30," kata Erwin.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, dilanjutkan pada tiga kelurahan lainnya. Tujuannya agar pada 2023 mendatang, terdapat kelurahan yang memenuhi karakteristik wilayah Open Defecation Free (ODF).

"Jangka panjangnya pada 2026 kita Insya Allah akan menjadi tuan rumah Forum Kota Sehat submit tingkat nasional. Harapannya memang tahun depan mudah-mudahan selesai semua," harapnya.

Lebih lanjut, Lurah Bakti Jaya, Fiqri Yanuardi Putra mengatakan, pemenuhan pembangunan septic tank bagi masyarakat menjadi salah satu program yang difokuskan.

Mengingat di wilayahnya, masih terdapat sejumlah masyarakat yang masih terbiasa dengan Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Kita ketahui bersama bahwasannya wilayah Tangerang Selatan masih ada masyarakat yang melakukan buang air besar di tempat yang tidak semestinya. Pola seperti ini sudah menjadi kebiasaan hidup bagi mereka. Tetapi ada yang memang tidak mampu untuk membuat septic tank tersebut," ungkap Fiqri.

Ia berharap, agar bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya dalam mengubah kebiasaan buruk masyarakat agar tak melakukan hal serupa. Sehingga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat diterapkan oleh masyarakat.

"Alhamdulilah hari ini Kelurahan Bakti Jaya mendapatkan bantuan untuk perbaikan septic tank dari BAZNAS sebanyak 5 rumah untuk wilayah RT 04/01. Kami sangat terbantu dengan adanya program ini karena ini sangat membantu masyarakat yang selama ini membutuhkan," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo