TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Piala AFF 2022

Tim Gajah Putih Waspadai Garuda

Laporan: AY
Rabu, 21 Desember 2022 | 08:38 WIB
Pelatih Thailand Alexandre Polking. (Ist)
Pelatih Thailand Alexandre Polking. (Ist)

JAKARTA - Tim favorit Thailand mewaspadai kekuatan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Negeri Gajah Putih – julukan Thailand, tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Indonesia. Kedua tim akan bertemu pada 29 Desember mendatang.

Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking mengatakan, negara lain masih jadi saingan berat untuk Thailand. Salah satunya, Vietnam, menjadi tim yang paling dipetakan oleh Polking. Selain itu, dua tim lagi dianggap menjadi ancaman, termasuk Indonesia.

“ Vietnam tidak hanya dalam hal peringkat mereka, tetapi mentalitas yang kuat dengan pelatih berpengalaman yang cocok dengan cara bermain. Mereka juga dapat mengontrol segalanya. Jika mereka mengatakan kami akan menghentikan liga, maka mereka juga telah menghentikan liga (demi Piala AFF),” jelas Polking.

Vietnam dianggap punya keuntungan karena bisa mengerahkan pemain terbaik mereka untuk timnas. Berbeda dengan Thailand, yang kesulitan memanggil pemain karena tidak dilepas klub dikarenakan Piala AFF bukan agenda resmi FIFA.

Selain itu, Park Hang-seo sebagai pelatih, menjadi ancaman tersendiri.

“Mengetahui bahwa pelatih Park Hang-seo akan pergi setelah turnamen ini, saya yakin para pemain sangat ingin memberinya trofi. Mereka bersenang-senang bersama. Jadi, saya masih percaya mereka adalah favorit utama,” urai Polking.

Untuk Timnas Indonesia, Polking menilai bahwa Tim Garuda bisa jadi batu sandungan di fase grup, karena keduanya sama-sama berada di Grup A. Selain itu, tim lain yang patut diwaspadai adalah Malaysia.

“Indonesia dengan pelatih yang sama dan beberapa pemain muda, juga sekarang memiliki amunisi top. Itu kelebihan mereka. Dengan pengalaman yang sangat kuat, mereka di level yang jauh lebih tinggi. Itu bisa membantu tim berlari tanpa henti, seperti kuda setiap saat,” jelasnya.

Sementara itu, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat suara soal tak masuknya Elkan Baggott dan Sandy Walsh dalam skuad untuk Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong menyayangkan klub keduanya tak kunjung mengizinkan mereka bermain di AFF meski sudah dilakukan pendekatan.

Saya melihat tim mereka menganggap Indonesia enteng atau ringan atau apapun. Seharusnya mencari win-win solution, tapi itu tidak diberikan jawaban yang baik. Jadi sangat disayangkan,” kata pelatih asal Korea Selatan itu, di sela-sela latihan timnas di Stadion Utama GBK, Jakarta, kemarin.

Piala AFF memang tak masuk dalam agenda FIFA sehingga klub tak berkewajiban melepas pemain.

Beberapa waktu lalu Shin Tae-yong melobi langsung klub Elkan, yakni Gillingham FC dan klub Sandy, KV Mechelen. Dia meminta Elkan bisa dilepas klubnya setelah fase penyisihan. Adapun Sandy diharapkan bisa bergabung di laga kedua grup.

“Saya langsung datang ke klubnya Sandy dan Elkan. Saat meeting waktu itu positif walaupun memang tidak diberikan kepastian,” kata dia.

Skuad Garuda selama tiga pekan terakhir menyiapkan diri dengan pemusatan latihan di Bali. Timnas sekarang berpindah ke Jakarta, bersiap menghadapi laga perdana melawan Kamboja, Jumat (23/12) sore, di Stadion Utama GBK.

Shin Tae-yong menyampaikan target kali ini untuk menjadi juara. Meski begitu, dia memprediksi laga perdana melawan Kamboja tak akan mudah, mengingat pertandingan sempat terhenti, buntut Tragedi Kanjuruhan.

Faktor ditundanya Liga 1 dan tak ada uji coba timnas, dinilainya turut berdampak pada kondisi fisik pemain. “Performa pasti menurun, apalagi tidak ada uji coba,” katanya. rm.id

Komentar:
Berita Lainnya
Komang pencetak gol Indonesia ke gawang Australia. Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Skyad Indonesia U-23. Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Foto : Ist
Tenis Barcelona Open 2024
Kamis, 18 April 2024
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo