TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Jajal LRT Jabodebek: Sangat Cepat Sekali dan Tanpa Masinis

Oleh: Mg1
Senin, 26 Desember 2022 | 10:49 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan konferensi pers di Stasiun Taman Mini. (Foto : Setpres)
Presiden Jokowi saat memberikan konferensi pers di Stasiun Taman Mini. (Foto : Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo, menaiki kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Senin (26/12/2022).

Proyek LRT ini ditargetkan rampung tahun depan dan sudah bisa digunakan. Usai menjajal kereta tersebut, Jokowi mengatakan kereta buatan dalam negeri ini mampu menempuh perjalanan dengan sangat cepat. Terlebih, LRT ini beroperasi tanpa masinis.

“Ya, tadi mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini ini sepanjang 9 kilometer dan ditempuh dalam waktu 12 menit dengan kecepatan kereta 80 km/jam. Sangat cepat sekali dan tanpa masinis,” ucap Jokowi.

Atas hal tersebut, Jokowi merasa senang dan bangga. Pasalnya, seluruh rangkaian LRT termasuk sistem tanpa masinis ini diproduksi langsung oleh anak bangsa melalui PT Industri Kereta Api (INKA).

“Yang kita senang, kita bangga, kereta ini adalah buatan INKA semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA,” ungkapnya.

Tak sendirian, Jokowi didampingi sejumlah pejabat seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Perjalanan Jokowi menaiki LRT pun merupakan pengalaman pertamanya, dikatakan bahwa perjalanan ditempuh dengan nyaman dan tidak ada suara berisik yang mengganggu.

“Saya tadi nyaman, cepat, dan tidak berisik. Saya kira pas belokan saja tadi ada bunyi kecil sekali,” jelasnya.

Ia berharap, bahwa proyek kereta LRT Lintas Cibubur ini dapat mulai beroperasi pada Juni atau Juli 2023 mendatang, sehingga berbarengan dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo