TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gawat, Logistik Korban Gempa Cianjur Hanya Cukup Untuk 5 Hari Lagi

Laporan: AY
Selasa, 03 Januari 2023 | 07:39 WIB
Salah satu gudang logistik untuk korban gempa Cianjur. (Ist)
Salah satu gudang logistik untuk korban gempa Cianjur. (Ist)

CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur mencatat, logistik untuk warga korban gempa yang tinggal di posko pengungsian hanya cukup untuk lima hari ke depan. Pendistribusian logistik ini dilakukan melalui sejumlah dinas sebagai penghubung desa terdampak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Asep Sudrajat mengatakan, saat ini stok logistik di Gudang BPBD, Unilever, dan Bale Rancage, hanya cukup untuk menutupi kebutuhan warga korban gempa selama tiga sampai lima hari ke depan.

"Pendistribusian dilakukan melalui penghubung atau LO, sehingga pasokan logistik yang diajukan berdasarkan permohonan warga melalui LO di masing-masing desa. Untuk saat ini, logistik yang tersedia hanya cukup untuk tiga sampai lima hari ke depan," katanya, seperti dikutip Antara, Senin (2/1).

Namun, Bupati Cianjur Herman Suherman memastikan, ketersediaan logistik untuk 100.000 ribu lebih warga korban gempa yang masih mencukupi. Dia pun yakin, bantuan yang baru akan terus berdagangan.

"Masih mencukupi untuk beberapa hari ke depan dan jumlahnya kemungkinan akan terus bertambah dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintahan hingga swasta dan perorangan. Pendistribusian terus dilakukan sampai hari ini melalui dinas penghubung," katanya.

Sejak beberapa hari terakhir, kata dia, pihaknya sudah menunjuk dinas sebagai penghubung atau LO desa yang terdampak. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempermudah warga dalam mendapatkan berbagai bantuan dan informasi, termasuk mengerahkan warga untuk melakukan pembersihan puing rumah.

Satu dinas, kata Herman, membawahi satu desa yang terdampak parah. Dengan begitu, warga dapat dengan mudah mengajukan permintaan mulai dari logistik sampai dengan informasi hunian sementara dan bantuan tunai perbaikan rumah.

"Saya sudah instruksikan semua dinas terlibat dalam pemulihan, termasuk melakukan pendampingan di setiap desa yang terdampak sangat parah. Ini upaya kami pemerintah daerah memberikan pelayanan langsung pada warga korban gempa," kata Herman. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo