TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mengawali 2023, Dukcapil Tangsel Gelar Gebyar Pembuatan KTP Digital

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 06 Januari 2023 | 18:10 WIB
Pembuatan identitas kependudukan melalui digital.
Pembuatan identitas kependudukan melalui digital.

CIPUTAT - Mengawali 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Gebyar pembuatan identitas kependudukan digital, yang dimulai pada 17 Januari 2023 mendatang. 

Untuk pertama kalinya, pembuatan identitas kependudukan digital ini diperuntukkan bagi seluruh pegawai yang bekerja di lingkup Pemerintahan Kota Tangsel. 

"Terlebih dahulu memberikan atau menerbitkan KTP digital bagi para ASN atau non-ASN. Berarti kan di Tangsel nih, informasinya ada sekitar kurang lebih 15 ribu orang. Saat ini masih kurang dari seribu," ujar Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, Jumat (6/1/2023).

Ia menerangkan, identitas kependudukan digital berbeda dengan KTP-elektronik dan memiliki sederet kelebihan bagi masyarakat. 

Bedanya, identitas digital dilengkapi dengan QR-code. Selain itu, identitas kependudukan digital ini sudah tidak lagi berbentuk fisik alias terintegrasi dengan gawai pribadi, terutama ponsel berbasis android. 

Sehingga, kata Dedi, masyarakat tak perlu lagi khawatir untuk tidak membawa identitas saat berpergian ke luar rumah. 

Namun sejauh ini, pembuatan identitas kependudukan yang mutakhir tersebut mengalami beberapa kendala. 

"Mungkin kendalanya, pertama memang HP-nya harus android. Nah dan itu pun harus versi 10. Jadi mungkin beberapa teman-teman pegawai Tangsel kenapa sebabnya belum melakukan perekaman KTP digital, karena memang mungkin HP-nya tidak sesuai atau bahkan mungkin bukan android," tuturnya. 

Ia berharap, agar gerakan gebyar pembuatan identitas kependudukan digital ini dapat disambut dengan antusias yang baik. 

"Nanti kita akan bersurat melalui yang ditandatangani oleh Wali Kota yang disebar ke OPD. Dimulai tanggal 17 Januari, kita akan adakan di Plaza Rakyat. Lalu dilanjut dengan jemput bola ke OPD bahkan akan ke Puskesmas dan sekolah," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo