TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

IMI Bersama ITDC dan MGPA Siapkan Superbike 2023 dan MotoGP 2023 Mandalika

Laporan: AY
Senin, 09 Januari 2023 | 21:19 WIB
Ketum IMI Bambang Soesatyo (baju batik) saat menerima perwakilan dari ITDC dan MGPA dalam rangka persiapan Superbike 2023 dan MotoGP 2023 di Mandalika NTB.
Ketum IMI Bambang Soesatyo (baju batik) saat menerima perwakilan dari ITDC dan MGPA dalam rangka persiapan Superbike 2023 dan MotoGP 2023 di Mandalika NTB.

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza dan Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandi Satria mematangkan persiapan Indonesia untuk kembali menyelenggarakan dua event balap motor bergengsi dunia, World Superbike 2023 dan MotoGP 2023, yang akan kembali diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. World Superbike 2023 diselenggarakan pada 3-5 Maret 2023, sedangkan MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023.
Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan, selain rutin menyelenggarakan dua event balap motor bergengsi dunia tersebut, IMI bersama ITDC dan MGPA juga sedang mempersiapkan diri menggelar berbagai kejuaraan balap mobil level dunia. Mengingat di akhir Januari atau paling lambat Februari 2023, Sirkuit Mandalika akan menerima lisensi Grade 2 dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA), setelah sebelumnya Timothy Schenken selaku Inspektur FIA telah melakukan inspeksi terhadap kondisi Sirkuit Internasional Mandalika pada Desember 2022 lalu, ditemani Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil PP IMI Ananda Mikola serta jajaran dari ITDC dan MGPA.

Setelah mendapatkan Grade 2, Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan berbagai kejuaraan internasional balap mobil seperti F2, Asia Le Mans Series, GT World Challenge, World Endurance Challenge, dan lain sebagainya," ujar Bamsoet, usai menerima jajaran ITDC dan MGPA, di Jakarta, Senin (9/1). Pertemuan turut dihadiri Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Emma Widiastuti, Direktur Technical and Operation MGPA Samsul Purba, dan Corporate Secretary MGPA Joko Santosa.

Ketua MPR ini menjelaskan, tidak hanya memberikan multiplier effect economy yang besar, dalam penyelenggaraan World Superbike 2022 yang dirangkai dengan seri balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), pembalap muda Indonesia, Veda Ega Pratama, berhasil menjuarai Race 1 dan Race 2 IATC. Veda menjadi local hero, sehingga bendera dan lagu Indonesia Raya bisa dua kali berkumandang di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Menurut Litbang Kompas, perputaran uang yang yang terjadi selama tiga hari penyelenggaraan World Superbike 2022 mencapai Rp 24,38 miliar. Sedangkan secara keseluruhan, permintaan akhir terhadap barang dan jasa di seluruh sektor ekonomi lokal NTB pada saat sebelum dan sesudah World Superbike 2022 mencapai Rp 177,59 miliar. Sementara pada saat penyelenggaraan MotoGP 2022, baik dari mulai tahapan persiapan hingga sesudah penyelenggaraan, perputaran uang di NTB menurut BPS mampu menembus Rp 606,7 miliar," jelas Bamsoet.
Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, selama penyelenggaraan World Superbike 2022 dan MotoGP 2022, mampu menyerap 1.557 orang tenaga kerja yang bertugas sebagai marshall, crowd control, waste management, security, cleaning service, hospitality, ticketing dan lainnya. Serta menyerap 445 lebih pelaku UMKM yang berasal dari berbagai wilayah di NTB.

"Melihat kesuksesan World Superbike dan MotoGP, IMI bersama ITDC dan MGPA berkomitmen menghadirkan lebih banyak lagi event balap internasional di Pertamina Mandalika International Street Circuit, baik olahraga balap motor maupun olahraga balap mobil. Selain menggairahkan olahraga otomotif di Tanah Air serta meningkatkan publisitas dan country branding terhadap Indonesia, juga untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat melalui multiplier effect economy yang dihasilkan," pungkas Bamsoet. Rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo