TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Delapan Jurus Mengembangkan UMKM Ala Airin Rachmi Diany

Laporan: Redaksi
Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:42 WIB
Airin Rachmi Diany saat memaparkan UMKM dalam talk show himpunan Pengusaha dan Wiraswasta, di Jakarta. (Dok)
Airin Rachmi Diany saat memaparkan UMKM dalam talk show himpunan Pengusaha dan Wiraswasta, di Jakarta. (Dok)

JAKARTA, Airin Rachmi Diany memiliki delapan jurus untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Banten. Delapan jurus itu merupakan program pengembangan UMKM melalui upaya pelatihan, pembinaan, hingga pemasaran.

Hal itu disampaikan Airin saat mengisi acara Talk Show Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Jakarta, Jumat (20/1).

Kedelapan jurus itu yaitu pembuatan kemasan produk yang menarik, perkuat modal, perluasan akses pasar, fasilitasi pelatihan manajemen keuangan, dan fasilitasi pembuatan izin pendirian usaha.

Kemudian melakukan fasilitasi pemberian logo halal, relaksasi pajak, dan yang terakhir promosi di dalam dan luar negeri.

"Delapan langkah pengembangan UMKM ini sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan para pelaku UMKM, maka kita harus hadir memfasilitasi UMKM," ujarnya.

Kemudian Airin juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi para pelaku UMKM. Mulai dari kurangnya akses pembiayaan ke perbankan, belum memiliki sistem keuangan yang baik.

Lalu juga manajemen bisnis masih dikelola secara manual dan tradisional, pemilik UMKM belum dapat memisahkan antara uang operasional untuk rumah tangga dan usaha, hingga UMKM kurang memikirkan tujuan atau rencana rencana strategis jangka panjang usahanya.

Selama menjabat Walikota Tangsel, Airin sukses mengembangkan para pelaku UMKM. Berdasarkan data 2022, Saat ini Tangsel telah memiliki 149.644 UMKM.

Prestasi yang Airin torehkan di bidang UMKM antara lain Satya Lencana Pembangunan Koperasi. Penghargaan ini diberikan Presiden kepada kepala daerah yang telah memperlihatkan kontribusi yang tinggi dan berperan aktif dalam pengembangan dan pembangunan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada 2016.

Kemudian Tangsel didapuk sebagai kota terbaik untuk iklim ekonomi UMKM melalui Penghargaan Natamukti Nindya pada 2017. Lalu dinilai berhasil membangun ekosistem di sektor UMKM, Pemerintah Kota Tangsel meraih penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi pada 2019.(tim)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo