TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Istana Presiden di IKN Mulai Dibangun Februari

Laporan: AY
Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:17 WIB
Kesibukan para pekerja di kawasan IKB. (Ist)
Kesibukan para pekerja di kawasan IKB. (Ist)

KALIMANTAN TIMUR - Pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) diperkirakan dapat menampung 16.000 tenaga kerja konstruksi.

HPK akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung agar para pekerja bisa fokus bekerja sekaligus meningkatkan kualitas pekerja Indonesia.

Selain HPK, pembagunan Istana Presiden juga akan dibangun mulai Februari sampai Maret 2023. 

"Hunian Pekerja Konstruksi IKN bisa menampung sebanyak 16.000 pekerja konstruksi," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto Jumat (27/1).

Lebih lanjut, Iwan menerangkan, pembangunan HPK tersebut merupakan wujud perhatian Pemerintah kepada pekerja Indonesia agar bisa tinggal di hunian yang layak. Selain itu juga untuk meminimalisir munculnya kawasan kumuh di sekitar IKN Nusantara.

"Beberapa tower tersebut juga sudah dihuni dan ditempati oleh para pekerja konstruksi," terangnya.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan, dalam waktu tidak terlalu lama fasilitas HPK akan diselesaikan. Selanjutnya, HPK tersebut akan diserahkan kepada Otorita IKN untuk dikelola melalui Badan Usaha Miliki Otorita.

Ditambahkan Iwan, dalam waktu tidak lama lagi akan banyak pekerja yang bekerja di IKN. Diperkirakan pada Februari dan Maret kedatangan para pekerja akan cukup masif akan masuk untuk membangun sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara, seperti Istana Presiden, Sumbu Kebangsaan dan beberapa kantor kementerian pembangunan jalan tol serta beberapa fasilitas dan infrastruktur lainnya.

"Kami juga melengkapi sejumlah fasilitas pendukung di HPK, seperti mess hall atau ruang serba guna, ruang makan, tempat ibadah, klinik kesehatan, kantor pengelola serta beberapa fasilitas penunjang lainnya," katanya.

Sebagai informasi, sebanyak 22 tower Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara sudah terbangun. HPK berupa rumah susun (Rusun) dengan teknologi modular tersebut saat ini sebanyak 12 tower sudah dihuni.

Diharapkan bisa menjadi tempat tinggal bagi para pekerja konstruksi yang akan bekerja membangun sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo