TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bursa Ketum-Waketum PSSI

Pengamat: Pencalonan Erick Dan Zainuddin Amali Jangan Dipolitisasi

Laporan: AY
Sabtu, 28 Januari 2023 | 17:37 WIB
foto  : Ist
foto : Ist

JAKARTA - Founder Football Institute Budi Setiawan menegaskan, pencalonan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali sebagai Ketua dan Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 semestinya tidak dipolitisasi.
"Ini sudah bukan game sepak bola. Isunya sudah bergeser ke non sepak bola (politik). Itu mencederai semangat sportivitas, pluralisme, persatuan dan integritas dalam sepak bola," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (28/1).
Menurutnya, masyarakat memiliki ekspektasi besar kepada pemerintah, untuk membenahi sepak bola nasional. Terutama, pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan jiwa.

Tragedi Kanjuruhan merupakan titik nadir kesabaran masyarakat, yang telah cukup melihat kondisi persepakbolaan kita hari ini.

Tampilnya dua menteri itu menunjukkan, pemerintah berusaha menjawab ekspektasi besar masyarakat dengan keseriusan membenahi sepak bola dari top level," papar Budi.
"Keduanya tentu telah memperoleh izin dari Presiden Jokowi, untuk menyelesaikan PSSI secara serius dan menyeluruh," imbuhnya.

Dia menilai, kehadiran kedua menteri ditambah satu orang wakil menteri dalam bursa Ketum, Waketum dan Anggota Komite Eksekutif PSSI menunjukkan tren meningkatnya ekspektasi atau harapan stakeholder ke pemerintah.
Hal itu juga perlu dilihat ini sebagai langkah serius Presiden Jokowi, untuk membenahi kinerja dan kompetensi pengurus PSSI secara khusus, dan persepakbolaan nasional pada umumnya.
"Erick Thohir punya pengalaman dan kapasitas manajerial sepak bola modern. Zainudin Amali, cukup senior dan pandai membuka jaringan komunikasi dan kolaborasi dengan banyak pihak. Khususnya di dalam negeri," pungkas Budi. Rm.id

Komentar:
Berita Lainnya
Komang pencetak gol Indonesia ke gawang Australia. Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Skyad Indonesia U-23. Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Foto : Ist
Piala Asia U-23
Kamis, 18 April 2024
Foto: Ist
Indonesia Kalah Kontroversial
Selasa, 16 April 2024
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo