TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Musrembang Kecamatan Pondok Aren, Sektor Pendidikan & Kesehatan Jadi Fokus Utama

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 02 Februari 2023 | 21:23 WIB
foto: Ist
foto: Ist

PONDOK AREN - Sektor pendidikan dan kesehatan masih menjadi persoalan utama yang dibahas dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (2/2/2023). 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan usai menghadiri forum tersebut. 

"Sudah tercantum dalam kerangka struktur se-Tangsel dan semuanya rata. Jadi kalau paling utama masih kepada pendidikan, lalu kepada kesehatan," ungkap Pilar. 

Ia mengakui, kedua persoalan tersebut kini masih menjadi program prioritas yang akan dijalani Pemkot Tangsel. 

"Lalu selanjutnya baru infrastruktur, terutama penanganan banjir. Lalu juga terkait taman kota, pembangunan gedung kelurahan sama pemberdayaan ekonomi masyarakat," tuturnya. 

Ia menerangkan, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan salah satu momentum yang penting dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024 Kota Tangerang Selatan untuk mewujudkan visi pembangunan jangka menengah daerah sampai dengan tahun 2026.

"Musrenbang tingkat kecamatan merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, melakukan tukar pikiran dan pendapat serta bersepakat antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat untuk memberikan usulan pembangunan secara langsung," terangnya. 

Dengan proses ini, lanjut Pilar, pendekatan pembangunan yang dilakukan di daerah Kota Tangerang Selatan tidak hanya sekadar mengedepankan aspek top down planning, melainkan juga mengakomodir masukan dan pemikiran-pemikiran positif dari bawah atau lebih dikenal dengan bottom up planning untuk menjadi rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 sesuai dengan prioritas.

"Ya harapannya warga dan para stakeholder di wilayah Kecamatan Pondok Aren sama-sama memberikan masukan yang konkret, prioritas, dan faktual, yang memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Supaya bisa jadi penyelesaian masalah utama. Kan program prioritas yang harus dilakukan dulu mudah-mudahan selesai. Harus matching dulu antara usulan dan target progam," jelas Pilar. 

Sementara itu, Camat Pondok Aren, Hendra menambahkan, konsep pembangunan daerah kota Tangsel yang telah dicanangkan meliputi beberapa jenis aspek pembangunan. 

"Di antaranya peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja dan lapangan berusaha, perbaikan akses dan kualitas pelayanan publik, serta peningkatan daya saing daerah," tuturnya. 

Namun di tengah proses pembangunan selama ini,  masih ditemukan beberapa kendala dalam pencapaian konsep tersebut. 

"Seperti belum optimalnya pembangunan SDM dan kesetaraan gender, tingginya kesenjangan pendapatan, masih terdapatnya kasus stunting, belum optimalnya daya saing produk lokal dan potensi pariwisata, serta permasalahan data administrasi kewilayahan dan beberapa permasalahan lainnya," paparnya. 

Atas hal itu, melalui forum Musrembang ini Ia harapkan agar seluruh usulan yang disampaikan dari masyarakat dapat memberikan hasil yang baik demi pembangunan di Kota Tangsel, khususnya Pondok Aren. 

"Output dan outcome yang diharapkan dari pelaksanaan pembangunan adalah SDM unggul, penguatan perekonomian daerah, peningkatan konektivitas infrastruktur dan atau kualitas lingkungan, serta birokrasi yang efektif dan efisien. maka dalam rangka pencapaian tujuan baik tersebut, kita semua berkumpul pada forum yang berbahagia ini untuk mempertemukan antara konsep pembangunan pemerintah dengan kebutuhan warga," jelasnya. 

Pembangunan yang efektif dan efisien, kata Hendra, harus sesuai dengan kebutuhan warga dan potensi kearifan lokal. 

"Sehingga keluaran dari pembangunan nanti bisa tepat sasaran dan manfaat yang akhirnya dapat berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang Selatan pada umumnya," pungkasnya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo