TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Tumbuh 5,3 Persen

Ekonomi RI Kalahkan Amerika Dan China

Laporan: AY
Selasa, 07 Februari 2023 | 10:42 WIB
(Foto : Istimewa)
(Foto : Istimewa)

JAKARTA - Di saat ekonomi negara-negara lain babak belur karena krisis global, ekonomi Indonesia malah tumbuh meyakinkan. Pada tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh 5,31 persen. Dengan pertumbuhan tersebut, ekonomi Indonesia kalahkan Amerika dan China. Keren…

Soal pertumbuhan ekonomi Indonesia itu, disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono saat jumpa pers pertumbuhan ekonomi, di Jakarta, kemarin.

Margo mengatakan, pertumbuhan ekonomi 2022 telah kembali ke level sebelum pandemi. Jika diingat, pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat mengalami kontraksi hingga minus 2,07 persen pada 2020.

Khusus di kuartal IV-2022, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,01 persen, turun dibandingkan kuartal III-2022 yang mencapai 5,73 persen. “Walaupun pertumbuhan kuartal IV melambat, perekonomian masih tumbuh solid,” beber Margo.

Menariknya, kata dia, pada kuartal IV, seluruh lapangan usaha tumbuh positif. Sektor unggulan seperti industri, pertambangan, pertanian, perdagangan, dan konstruksi sukses berkontribusi 64,75 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Margo menambahkan, ekonomi Indonesia berhasil mempecundangi Amerika dan China. Pertumbuhan ekonomi kedua negara maju itu jauh di bawah Indonesia. Negeri Paman Sam hanya berhasil membukukan 2,1 persen. Sementara Negeri Tirai Bambu tak lebih dari 2,9 persen.

Mendengar ekonomi Indonesia tumbuh di atas Amerika dan China, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto happy. Kata dia, pertumbuhan ekonomi 5,31 persen merupakan capaian tertinggi di era Presiden Jokowi.

“Angka ini jauh di atas sebelum pandemi dan menjadi angka yang tertinggi sejak masa pemerintahan Presiden Jokowi,” cetusnya.

Lalu, bagaimana kondisi ekonomi kita tahun ini? Airlangga meminta, masyarakat tak perlu khawatir. Pasalnya, di saat yang bersamaan, Indonesia mulai masuk dalam tahun politik. Momentum ini bisa menopang perekonomian, salah satunya belanja politik yang tinggi sehingga akan mendorong daya beli masyarakat.

“Tahun politik menjadi vitamin baru untuk pemulihan ekonomi di 2023, dan kita lepas dari ketergantungan berbagai tekanan,” imbuh Ketua Umum Golkar itu.

Airlangga juga mengatakan, fundamental perekonomian Indonesia saat ini cukup kuat. Sehingga bisa mengatasi segala macam tekanan ekonomi yang ada. Berpegang pada pengalaman sebelumnya, proses pemilu di Tanah Air juga selalu berjalan dengan lancar.

Warganet juga happy mendengar kabar ekonomi Indonesia tumbuh. “Mengesankan sekali ekonomi Indonesia. Luar biasa. Meroket. Menakjubkan,” cetus @abang_One. “Indonesia keren,” sahut @AwangSancaka. rm.id

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo