TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
2 Menteri Jadi Pengurus PSSI

Jokowi Bicara Rangkap Jabatan Dan Janji Tak Intervensi

Laporan: AY
Sabtu, 18 Februari 2023 | 11:19 WIB
Kiri ke kanan. Menpora Zai udin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)
Kiri ke kanan. Menpora Zai udin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)

TANGERANG - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali kini menjadi pengurus teras PSSI. Presiden Jokowi mengaku tak mempersoalkan selama kedua menterinya itu bisa atur waktu.

"Yang paling penting semuanya bisa mengatur waktunya," kata Jokowi kepada wartawan di ICE BSD Tangerang, Jumat (17/2).

Jokowi lalu menyinggung menteri-menterinya yang lain yang juga merangkap jabatan. Menurut Jokowi, mereka tetap bisa menjalankan tugasnya di pemerintahan.

"Karena kita kan juga tahu Pak Basuki itu juga menjadi ketua dayung, bisa. Pak Airlangga juga menjadi ketua wushu, bisa. Pak Luhut juga jadi ketua PASI bisa. Pak Prabowo juga jadi ketua pencak silat bisa," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan semua itu menyangkut manajemen waktu dan manajemen organisasi.

"Ini urusan manajemen, jadi manajemen waktu, manajemen organisasinya, manajemen perencanaannya," ujar Jokowi.

Jokowi Tak Akan Intervensi PSSI

Selain itu, Jokowi juga menekankan tidak akan mengintervensi PSSI meskipun keduanya menterinya menjabat di PSSI. Dia hanya mendorong adanya perubahan total di PSSI.

"Sesuai yang saya sampaikan, pemerintah tidak akan intervensi apapun kepada PSSI tetapi yang paling penting ada sebuah perubahan, ada sebuah reformasi total," kata Jokowi.

Jokowi berharap kekuatan yang dimiliki oleh sepakbola Indonesia bisa dilihat kemajuannya. Dia berharap perencanaan terkait sepakbola ke depannya terlihat.

"Ada sebuah transformasi sehingga dari kekuatan yang kita miliki, potensi yang kita miliki betul-betul nanti di tahap itu bisa kemajuannya kelihatan, road map-nya juga kelihatan, perencanaannya kelihatan. Mau apa dalam 50 tahun, mau apa dalam 25 tahun," jelasnya.

PSSI diketahui telah menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) kemarin yang hasilnya Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum periode 2023-2027, didampingi Ratu Tisha Destria dan Zainudin Amali sebagai Waketum 1 dan Waketum 2. Jokowi akan bertemu dengan jajaran pimpinan PSSI minggu depan.

"Nanti kalau pas minggu depan kelihatannya akan ketemu akan saya tanyakan itu, sudah ada peta jalannya belum, ada targetnya belum, untuk mencapai target itu apa yang dilakukan. Semuanya harus terencana dengan detail kalau mau sepakbola kita maju," tutur dia.

Selain itu, Jokowi meminta adanya pembangunan infrastruktur. Hingga saat ini, jelas Jokowi, PSSI belum mempunyai basecamp.

"Yang paling penting juga yang kedua, pembangunan infrastrukturnya harus memang ada. Kita kan sampai sekarang nggak punya basecamp yang memiliki, saya waktu ngomong-ngomong dengan Shin Tae Yong butuh 5 lapangan dalam satu lokasi, ada penginapan ada kolam renangnya untuk olahraga, pemain-pemainnya," tutur dia. (NET)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo