TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Waktu Yang Tepat Menggunakan Alat Bantu Dengar

Laporan: Sudin Antoro
Kamis, 09 Maret 2023 | 07:22 WIB
Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan- Kepala Leher, RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Sandhi Ari Susanti, Sp.THT-BKL.
Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan- Kepala Leher, RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Sandhi Ari Susanti, Sp.THT-BKL.

CIPUTAT - Gangguan pendengaran dapat terjadi pada semua usia, mulai dari bayi baru lahir hingga lanjut usia. Gangguan pendengaran adalah penurunan persepsi kekerasan suara dan atau disertai dengan ketidak jelasan dalam berkata-kata. 

Pada bayi baru lahir dapat menimbulkan masalah tumbuh kembangnya seperti terjadinya keterlambatan berbicara. Sedangkan  pada usia dewasa atau lanjut usia dapat berdampak pada interaksi sosial maupun emosinya, seperti  lebih senang  menyendiri enggan berinteraksi dengan orang sekitar masalah komunikasi yang tidak lancar.

Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan- Kepala Leher, RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Sandhi Ari Susanti, Sp.THT-BKL menyebutkan terdapat tanda-tanda awal munculnya gangguan pendengaran baik pada anak- anak maupun orang dewasa. 

“Tanda-tanda awal munculnya gangguan pendengaran pada anak-anak dapat diketahui dari keterlambatan bicara dan jika sdh sekolah akan ada penurunan prestasi belajar. Sedangkan pada dewasa, biasanya seseorang akan meminta lawan bicaranya untuk mengulang pembicaraan, menyalakan musik dengan volume yang tinggi sehingga mengganggu sekitarnya, dan saat berkomunikasi akan berbicara dengan suara keras,” ujar dr Sandhi.

Menurut dr Shandi, beberapa masalah gangguan pendengaran dapat diatasi dengan pemberian alat bantu dengar seperti penurunan fungsi pendengaran akibat kebisingan dan pertambahan usia (Presbiakusis). 

Alat Bantu Dengar merupakan suatu alat mikro elektronik yg fungsinya untuk memperkeras suara, sehingga diharapkan mendengar lebih baik. Alat ini tidak mengembalikan perdengaran menjadi normal kembali, namun dapat membantu agar bisa mendengar lebih baik sehingga memudahkan dalam berkomuniksi. 

Terdapat model dari alat bantu dengar seperti alat bantu dengar di belakang telinga (behind the ear) dan di dalam lubang telinga (in the ear). Memilih alat bantu dinilai dari beberapa aspek yaitu derajat dan tipe gangguan pendengaran berdasarkan dari hasil pemeriksaan fungsi pendengaran.

Rumah Sakit Sari Asih Ciputat memiliki pelayanan pemeriksaan audiologi atau fungsi pendengaran yang komprehensif pada dewasa dan anak. Selain itu berdasarkan kategori usia,  keadaan medis seperti keadaan telinga luar, tengah dan penampilan /kosmetik dan sesuai dengan kebutuhan.

Pendengaran merupakan investasi masa depan, jangan terlambat dalam mengetahui gangguan pendengaran dengan cara deteksi dini dan intervensi dini. Pemakaian Alat Bantu dengar menjadi salah satu dari penanganan pada gangguan pendengaran.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo