TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Indonesia Vs Burundi

STY: Tunjukkan Yang Terbaik

Laporan: AY
Sabtu, 25 Maret 2023 | 10:49 WIB
STY dan pasukan Timnas U-20. (Ist)
STY dan pasukan Timnas U-20. (Ist)

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Burundi pada FIFA Matchday malam ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Meski kedua tim buta kekuatan, duel ini penting bagi Tim Garuda untuk memperbaiki peringkat dunia.

Gelandang Timnas Indonesia Marc Klok belum mengetahui banyak informasi kekuatan Burundi. Namun, dia memprediksi kekuatan fisik bisa menjadi salah satu kelebihan negara asal Afrika itu.

“Sejujurnya belum tahu, be­lum lihat permainan seperti apa. Nanti ada video untuk persiapan. Tapi yang pasti berat, karena pemainnya banyak yang besar badannya. Fisik juga mungkin bagus,” ujar Marc Klok.

Meski begitu, Marc Klok yakin Timnas Indonesia bisa mengalahkan Burundi. Kemenangan atas tim asal Afrika itu dapat menaikan peringkat Indonesia di ranking FIFAyang per 22 Desember 2022 masih menduduki posisi ke-151. Sementara, Burundi di peringkat ke 141.

“Harus optimistis menang dua kali atas Burundi. FIFAMatchday adalah pertandingan besar untuk peringkat dan nega­ra, juga suporter Indonesia. Saya selalu fokus untuk hasil terbaik, menang,” kata Marc Klok.

Pada kesempatan sama, bek Timnas Indonesia Elkan Baggott mengaku sudah tidak sabar ber­duet dengan Jordi Amat di lini belakang, pada dua laga FIFAmatch day melawan Burundi. Menurutnya, Jordi pemain yang begitu kaya akan pengalaman, terutama di level dunia.

Dia pemain dengan kualitas papan atas. Saya dapat belajar banyak dari dia. Bermain ber­sama dia akan sangat membantu permainan saya,” ujar Elkan.

Elkan terakhir kali membela timnas pada pertandingan FIFAmatchday melawan Curacao pada September tahun lalu. Dia kemu­dian absen membela timnas pada ajang Piala AFF Desember 2022, karena tidak dilepas oleh klubnya saat itu, Gillingham.

Kini, pemain kelahiran Bangkok, Thailand, itu kembali masuk skuad setelah menoreh­kan penampilan apik di klub an­yarnya, Cheltenham Town. Dia tidak sungkan mengungkapkan kegembiraannya karena kembali dipercaya masuk timnas.

"Ini menyenangkan karena saya sudah lama berada di Inggris. Kembali ke tim nasional menda­tangkan perasaan yang sangat ba­gus,” kata pemain 20 tahun itu.

Elkan yang memiliki pengala­man bermain melawan pemain-pemain asal Afrika di kom­petisi divisi ketiga dan keempat Inggris, meyakini para pemain dari benua tersebut memiliki keunggulan dalam sektor kece­patan dan kekuatan.

Inggris saya punya ban­yak pengalaman menghadapi pe­main dari berbagai negara. Anda tahu pemain-pemain Afrika kuat.

"Mereka cepat, dan sedikit mempunyai kualitas di atas kita. Maka kita harus siap dengan tantangan,” sambungnya.

Elkan tercatat telah mengoleksi dua gol saat membela timnas Indonesia. Dia memastikan akan menampilkan performa terbaik pada laga-laga bersama timnas ke depan.

“Saya akan mengusahakan yang terbaik,” ucap Elkan sambil tersenyum.

Indonesia akan menghadapi Burundi dalam dua laga FIFAmatchday.

Sedangkan, Jordi Amat meya­kini Burundi akan memberikan perlawanan berat. Itu didasar­kan pada pengalaman pemain 31 tahun itu yang telah sering menghadapi pemain-pemain asal Afrika.

"Saya telah bermain melawan banyak pemain Afrika di Liga Inggris, Liga Spanyol juga. Ini akan menjadi pertandingan yang berat,” ujar Jordi.

Kendati demikian, dia optimistis Timnas Indonesia akan menampilkan performa bagus, sehingga memperoleh hasil terbaik pada akhir laga.

“Saya percaya kami akan me­mainkan sepak bola yang bagus. Ide pelatih sangat bagusm dan seluruh rakyat Indonesia dapat menikmatinya,” sambungnya.

Pemain klub Malaysia Johor Darul Ta’zim (JDT) itu tera­khir kali membela Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF Desember 2022.

Pada ajang tersebut, tim Garuda disingkir­kan Vietnam pada fase semi­final. Bahkan, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat bertanya-tanya, dirinya tidak mengenal negara bernama Burundi.

Burundi memang bu­kan negara Afrika yang memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Jika dibandingkan dengan Nigeria, Kamerun, Pantai Gading, atau Mesir, pamor sepak bola Burundi tentu kalah jauh.

Namun, Shin Tae-yong men­gaku dirinya langsung bergerak cepat. Dia bersama jajarannya langsung melakukan analissi terh­adap beberapa pertandingan yang melibatkan Timnas Burundi.

"Dengan adanya uji coba ini saya langsung tonton pertand­ingan Burundi, mereka punya keunikan seperti tim Afrika lain,” jelas Shin Tae-yong.

STY menyatakan, skuad-nya sangat siap menghadapi pertand­ingan ini. Nadeo Argawinata dan kawan-kawan mengalami persiapan yang maksimal.

STY juga menargetkan keme­nangan atas Burundi. Tak hanya pada laga pertama, Sabtu (25/3) tapi juga pada laga kedua yang akan digelar, Selasa (28/3).

“Kami akan persiapkan laga ini dengan baik. Kami tidak mau mengecewakan para penggemar di kandang sendiri. Selamat menonton besok,” ujarnya.

Sementara, Pelatih Burundi Etienne Ndayiragije mengaku masih meraba kekuatan Timnas Indonesia. Sebab, dia baru menonton beberapa laga tera­khir Skuad Garuda. Namun, dia meyakini bahwa Indonesia adalah tim yang kuat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo