TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Besaran Zakat Fitrah Rp 40 Ribu, Baznas Sebar Kupon

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 30 Maret 2023 | 07:42 WIB
Ketua Baznas Tangsel  Mohamad Subhan. (Ist)
Ketua Baznas Tangsel Mohamad Subhan. (Ist)

SERPONG - Besaran zakat fitrah ditetapkan Rp 40 ribu/jiwa atau beras 3,5 liter. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangsel telah mengeluarkan surat edaran 435/Baznas-TS/III/2023 terkait penetapan besaran dan pengelolaan zakat fitrah 1444 Hijriyah/2023. 

Ketua Baznas Kota Tangsel, Mohamad Subhan dalam surat edarannya menyampaikan, menindaklanjuti keputusan rapat pimpinan Baznas Kota Tangsel pada 14 Februari 2023, tentang pengelolaan zakat fitrah di seluruh Tangsel bersama ini disampaikan penetapan besaran dan pengelolaan zakat.

 “Rapat bersama dengan MUI, Kemenag, Asisten Daerah Satu, Kabag Kesra, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah diambil keputusan besaran zakat pada tahun ini sebesar  Rp 40 ribu atau beras tiga setengah liter,” tulisnya dalam surat edaran tersebut.

Untuk dapat merealisasikan ketentuan itu, boleh memilih antara uang tunai atau beras. Tergantung daripada masyarakat yang hendak membayar zakat fitrahnya. Dipersilahkan boleh beras atau uang.
 Seperti di tahun-tahun sebelumnya, saat Ramadan, Baznas juga menyebar kupon yang disalurkan ke Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berada di masjid-masjid, dan musola atau tempat-tempat publik lainnya yang telah mendapatkan izin. Selain ke UPZ juga ke Lembaga lainnya.

”Tentunya dalam pendistribusian kupon zakat fitrah koordinator kelurahan (korkel) dan duta zakat dapat bekerjasama dengan para tokoh pemerintah setempat jika memang diperlukan,” tambahnya.
 Kupon yang dibagikan merupakan tanda bukti pembayaran zakat fitrah, oleh sebab itu selanjutnya diserahkan kepada Korkel dan duta zakat. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo