TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bawaslu Terima Laporan Honor Pantarlih di Tangsel Disunat

Laporan: Rachman Deniansyah
Minggu, 16 April 2023 | 13:51 WIB
Ilustrasi honor disunat. Foto ; Ist
Ilustrasi honor disunat. Foto ; Ist

SETU, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima laporan adanya pemotongan honor Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). 

Dugaan adanya pemangkasan honor tersebut pun ramai di media sosial. Khususnya komentar yang menghujani aku media sosial mulik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel. 

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait hal tersebut. Menurutnya, laporan terkait tindakan pemotongan honor tersebut diduga terjadi di sejumlah wilayah. 

"Terkait viralnya di media sosial Instagram KPU banyak yang mengeluhkan honornya dipotong oleh teman-teman di PPS (Panitia Pemungutan Suara). Ada juga yang melapor ke Panwas kita di beberapa kecamatan, seperti di Pamulang, Pondok Aren. Cuma yang melapor langsung ke kita itu dari Pamulang," ungkap Acep kepada Tangselpos.id, Minggu (16/4/2023). 

Acep menuturkan, dugaan kasus ini pertama kali terendus saat Panwascam Pamulang mendapatkan informasi pada 13 April 2023 malam lalu. 

"Bahwa ada pemotongan honor pantarlih, yang seharusnya Rp1 juta namun diserahkan hanya Rp800 ribu.Kemudian malam itu juga Panwascam Pamulang mengintruksikan kepada seluruh PKD Se-Kecamatan Pamulang untuk mencari informasi kepada Pantarlih secara random di masing-masing kelurahan terkait pemotongan honor pantarlih," tuturnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun,kejadian itu terjadi di beberapa wilayah Kelurahan.

"Lalu terdapat dua orang Pantarlih Kelurahan Benda Baru, membuat laporan ke sekretariat Panwascam Pamulang, berdasarkan keterangan mereka bahwa benar honor Pantarlih hanya diserahkan Rp800 ribu, dan kini sedang dikaji divisi penanganan pelanggaran," jelasnya. 

Atas adanya laporan itu, Acep menyatakan bahwa Bawaslu sangat menyayangkannya. 

"Bawaslu menyayangkan oknum PPS di Pamulang melakukan potongan terhadap honor Pantarlih. Tentu kita ingin untuk menciptakan pemilu yang baik dengan penyelenggara yang baik. Namun dengan adanya dugaan kasus ini, tentu tidak baik," kata Acep. 

"Ini mencerminkan penyelenggara yang tidak baik. Bagaimana ke depan terkait honor honor yang lain. Apakah ini menjelang lebaran? Jadi sekretariatnya mencari uang lebih. Padahal kita ketahui bahwa itu tidak boleh," tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo