TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Makan Bakso Plus Es Teh, Enak Tapi Berbahaya

Laporan: AY
Rabu, 19 April 2023 | 11:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Menyantap bakso kuah hangat sambil menyeruput dinginnya es teh, tentu terasa sangat nikmat. Tak peduli pagi, siang, sore, atau malam. 

Tapi tahukah Anda, bahwa mengonsumsi bakso bersamaan dengan es teh, memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan?

Terlepas dari kelezatan dan kepraktisannya, kombinasi bakso dan es teh dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Padahal, zat besi berperan penting dalam membentuk hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Melalui laman Instagramnya, Gizi Nusantara menyebut, teh mengandung senyawa bernama tanin, yang dapat mengikat zat besi. Selain itu, teh juga dapat membentuk senyawa yang tidak dapat diserap tubuh.

"Bakso yang kaya protein dan zat besi, jika dikonsumsi bersamaan dengan es teh, dapat menghambat penyerapan zat besi tersebut. Ini bisa mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan gizi yang cukup," jelas Gizi Nusantara.

Kekurangan zat besi, dapat menyebabkan anemia dengan gejala kelelahan dan pusing. Dalam jangka panjang, ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Karena itu, sebaiknya Anda menghindari kombinasi bakso dan es teh. Terutama, jika Anda memiliki masalah kekurangan zat besi, atau berada dalam kondisi kesehatan yang memerlukan cukup asupan zat besi.

Lebih baik, konsumsi bakso dengan jus buah segar yang banyak mengandung vitamin C, atau air putih yang cukup, untuk menjaga kesehatan tubuh dengan optimal.

Kesehatan adalah aset berharga. Itu sebabnya, Anda harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo