TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Forum Konsultasi Publik Sosial Ekonomi Di Cempaka Putih

Laporan: Sudin Antoro
Jumat, 12 Mei 2023 | 07:05 WIB
Berlangsung Forum Konsultasi Publik (FKP) di Kelurahan Cempaka Putih. (din)
Berlangsung Forum Konsultasi Publik (FKP) di Kelurahan Cempaka Putih. (din)

CIPUTAT TIMUR-Forum Konsultasi Publik (FKP) Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) di Kelurahan Cempaka Putih tengah dilaksanakan hingga beberapa hari kedepan. FKP Ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil pendataan awal Regsosek yang telah dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) 15 Oktober – 14 November 2022.

Perwakilan BPS Cyntia menyampaikan, tujuan kegiatan ini, untuk menyediakan basis data terpadu seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Basis data tersebut digunakan untuk program perlindungan sosial, serta kondisi sosial ekonomi keluarga untuk perencanaan pembangunan. “FKP Regsosek 2023 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 2-21 Mei 2023,” ujarnya.

FKP merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat, mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga berdasarkan model PMT. Keterlibatan komunitas ini sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial, dalam penyusunan data perlindungan sosial.

“Dengan demikian, diharapkan setelah pelaksanaan FKP ini tercapai kesepakatan pada hasil pemeringkatan keluarga pendataan awal Regsosek,” tambah ia.
Pihak-pihak yang terlibat di FKP Regsosek seperti Fasilitator, yang terdiri dari Lurah atau Perangkat, kedua asisten fasilitator dan administrator yang terdiri dari Pegawai BPS atau perangkat kelurahan. “Ketiga peserta terdiri dari ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa, dan pengamanan oleh babinsa dan babhinkamtibmas,” tandasnya.

Lurah Cempaka Putih, Tarmidzi menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Regsosek yang telah dilakukan akhir tahun kemarin, dan sekarang dilakukan validasi data supaya cocok dengan hasil pencatatan sensus, maka turut serta para RT hadir dalam FKP ini. Tentunya data yang dihimpun sangat bermanfaat bagi pemerintah dalam melakukan berbagai program.

“Terima kasih kepada para petugas dan tim fasilitator, termasuk para RT dan RW yang telah membantu petugas dalam melakukan sensus dan kali ini dilakukan pencocokan, semoga para RT dapat memberikan data yang valid,” harapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo